PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 KARANG TENGAH KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009
Sinta Dyana Santi , 3501404503 (2009) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 KARANG TENGAH KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 KARANG TENGAH KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009)
- Published Version
Download (455kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar tidak lepas dari kebutuhan sarana dan prasarana atau peralatan dan perlengkapan belajar. Kebutuhan peralatan dan perlengkapan belajar anak dapat terpenuhi dengan baik apabila keadaan ekonomi orang tua juga baik. Dengan peralatan dan perlengkapan belajar yang lengkap dan modern maka diharapkan proses belajar siswa didik atau anak berjalan dengan baik, sehingga berdampak langsung pada prestasi belajarnya. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009, (2) Bagaimana prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009, (3) Adakah pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMA N pengaruh antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Karang Tengah Demak yaitu kelas XII IPS dengan jumlah 122 siswa. Sedangkan untuk sampelnya sebanyak 55 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan menggunakan metode bantu yaitu metode dokumentsi dan metode wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua termasuk dalam kategori rendah (54,55%). Prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Demak termasuk dalam kategori cukup (78,18%). Ada pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XII IPS SMA N 1 Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009. Saran yang diberikan adalah prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang salah satunya adalah kondisi sosial ekonomi orang tua, maka masih perlu orang tua untuk mencukupi kebutuhan belajar siswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar anaknya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2011 07:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2200 |
Actions (login required)
View Item |