PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN NUMBEREDHEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKATEKNIKSISWA KELAS X TEKNIK GAMBARBANGUNAN (TGB) PADA SMK NEGERI 5 SEMARANG


Kukuh Budi Prasetiya, 5101410036 (2015) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN NUMBEREDHEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEKANIKATEKNIKSISWA KELAS X TEKNIK GAMBARBANGUNAN (TGB) PADA SMK NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101410036-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) tahun pelajaran 2014/2015. Kelas penelitian diambil dengan menggunakan uji homogenitas dan uji normalitas yang kemudian didapat kelas X TGB 1 sebagai kelas eksperimen dan X TGB 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-testdanuji H2 menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode NHTefektif meningkatkan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai kognitif setelah perlakuan dengan metode pembelajaranNHT dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 62,78 dan post-test sebesar 79,72pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukkan bahwa hasil rata rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 79,72 lebih tinggi dibandingkan post testkelas kontrol sebesar 76,25.Untuk nilai afektif setelah perlakuan dengan NHT menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai afektif dilihat dari rata-rata nilai afektif sebesar 62,91 menjadi sebesar 77,36 dan rata-rata nilai afektif kelas eksperimen sebesar 77,36 lebih tinggi dibandingkan nilai afektif kelas control sebesar 75,14. Sedangkan untuk nilai psikomotorik setelah perlakuan dengan NHT menunjukkan peningkatan dilihat dari rata-rata nilai psikomotorik sebesar 64,72 menjadi sebesar 77,36 dan rata-rata nilai psikomotorik kelas eksperimen 77,36 lebih tinggi dibandingkan nilai psikomotorik kelas kontrolse besar 75,14. Dan nilai efektifitas untuk kelas eksperimen meningkat dari nilai aktifitas siswa sebesar 66,67menjadi sebesar 83,10. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode NHT dapat meningkatkan hasil belajar mekanika teknik yang berupa nilai kognitif, nilai afektif, nilaip sikomotorik dan pembelajaran dengan menggunakan metode NHT lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar jika dibandingkan dengan metode konvensional. Saran dari penelitian ini diharapkan agar guru lebih memotiva sisiswa untuk berani maju kedepan kelas guna mengemukakan pendapat atau hasil diskusinya mengenai materi mekanika teknik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, MetodepembelajaranNumbered Head Together (NHT),mekanika teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:54
Last Modified: 13 Nov 2015 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21999

Actions (login required)

View Item View Item