STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER SMK NEGERI 7 SEMARANG UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


Muhammad Habibi, 5101410042 (2015) STUDI KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM KOMPUTER SMK NEGERI 7 SEMARANG UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101410042-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 pembelajarannya berkonsep tematik, jadi semua mata pelajaran saling berkaiatan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran tersebut perlu sarana dan prasarana untuk mendukung kurikulum 2013 khususnya di laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan sarana dan prasarana laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan untuk mendukung implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan penanggungjawab laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan, sedangkan obyek penelitiannya adalah sarana dan prasarana di laboratorium komputer khususnya ditinjau dari luas ruang laboratorium komputer, perabot di ruang laboratorium komputer, peralatan pendidikan di ruang laboratorium komputer, media pendidikan, kualitas perangkat utama dan instruktur yang berada di laboratorium komputer pada bidang studi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 7 Semarang. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi dengan skala penilaian model Rating Scale. Data sarana dan prasarana yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang telah ditentukan yang berdasarkan Permendiknas Nomor. 40 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK), instrumen verifikasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) No. 1023-P2-10/11 Tahun 2010/2011 mengenai instrumen verifikasi SMK/MAK tentang penyelenggara ujian praktik kejuruan dan dan Permendiknas RI Nomor.26 Tahun 2008 tentang standar tenaga laboratorium sekolah/ madrasah, yang tentunya sesui dengan tuntutan dari silabus mata pelajaran pada kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan prasarana di laboratorium komputer bidang studi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 7 Semarang masuk kategori kurang layak artinya belum cukup mendukung implementasi kurikulum 2013 saat ini. Kodisi kelayakan prasarana memiliki persentase 55 %, sedangkan dari segi kelayakan sarana menunjukkan secara umum sudah cukup mendukung pada implementasi kurikulum 2013 saat ini dengan rincian Perabot : 80% , media: 87,5 %, peralatan: 87,5%, kualitas perangkat: 75% dan instruktur: 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Sarana dan Prasarana, Laboratorium Komputer, Kurikulum 2013
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:50
Last Modified: 13 Nov 2015 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item View Item