PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN TEKNIK PANCING MEDIA KARIKATUR MEDIA MASSA BERORIENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA SISWA SMP KELAS IX A SMP NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2014/2015
Kurnia Oktavia Hardyani, 2101410007 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN TEKNIK PANCING MEDIA KARIKATUR MEDIA MASSA BERORIENTASI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA SISWA SMP KELAS IX A SMP NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis naskah drama siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa kurang minat dalam pembelajaran menulis naskah drama dan kurang memahami unsur-unsur naskah drama secara mendalam sehingga siswa kesulitan dalam menentukan unsur -unsur naskah drama. Penggunaan teknik dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan membuat siswa bosan. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi. 2) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal dalam mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi. 3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal. 2) Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal setelah mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi. 3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa ix berorientasi pendidikan anti korupsi pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Randudongkal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah drama kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal dengan jumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu yaitu variabel keterampilan menulis naskah drama, variabel teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal setelah mengikuti pembelajaran melalui teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi. keterampilan menulis naskah drama menggunakan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,86% yaitu dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 71,42% menjadi sebesar 94,28% pada siklus II. Perilaku siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal dalam pembelajaran menulis naskah drama melalui teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari data nontes yang terdiri atas observasi, wawancara, jurnal siswa dan guru serta dokumentasi foto. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama melalui teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Randudongkal dan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan teknik pancing media karikatur media massa berorientasi pendidikan anti korupsi dalam pembelajaran menulis naskah drama. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis naskah drama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis naskah drama, teknik pancing, media karikatur media massa. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 06:49 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 06:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21997 |
Actions (login required)
View Item |