PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTs AL HAMIDIYYAH WRINGINJAJAR MRANGGEN DEMAK


ZUHRI, 2101409133 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A MTs AL HAMIDIYYAH WRINGINJAJAR MRANGGEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101409133-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasiklus, keterampilan menulis cerpen peserta didik kelas VIII-A M.Ts. Al Hamidiyyah, Wringinjajar, Mranggen, Demak belum memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal 75. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri. Berdasarkan penjelasan diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menulis cerpen, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen, dan (3) bagaimana perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis cerpen. Tujuan penelitian ini: (1) mendeskripsi proses pembelajaran menulis cerpen, (2) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis cerpen, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis cerpen dan variabel Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes yang digunakan adalah tes produk berupa penugasan menulis cerpen. Adapun nontes yang digunakan adalah observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menulis cerpen melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri telah dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas tiga tahap kegiatan, yaitu; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dengan pemberian Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri terbukti peserta didik mengalami peningkatan dan kelas ii menjadi lebih kondusif, sehingga pembelajaran keterampilan menulis cerpen mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan menulis cerpen diketahui dari hasil tes siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata prasiklus yaitu 52,75 termasuk kategori kurang. Nilai rata-rata siklus I mencapai 62,88 termasuk kategori cukup. Jadi, ada peningkatan 11,13. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 80,64 termasuk kategori baik. Dengan demikian, secara keseluruhan terjadi peningkatan dari hasil prasiklus ke siklus I yaitu 11,33 dan 14,43 dari siklus I ke siklus II. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen melalui Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri dapat meningkatkan pembelajaran. Pada siklus II perilaku peserta didik menunjukkan perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi pada siklus II peserta didik lebih aktif selama pembelajaran, lebih fokus terhadap penjelasan guru, lebih percaya diri dan saling menghargai dalam kegiatan berdiskusi, serta lebih mampu bekerja sama dan berbagi dengan temannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada guru bahasa Indonesia adalah Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media gambar berseri dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan pembelajaran menulis terutama menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis cerpen, model Student Teams Achievement Divisions (STAD), media gambar berseri
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:45
Last Modified: 13 Nov 2015 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item