BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN BARONGAN MARKOCIK BUDOYO DALAM ACARA RUWATAN DI DESA PASURUHAN LOR KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS


Sri Wahyuningsih, 2501914002 (2015) BENTUK PERTUNJUKAN KESENIAN BARONGAN MARKOCIK BUDOYO DALAM ACARA RUWATAN DI DESA PASURUHAN LOR KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501914002-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesenian Barongan adalah gabungan dari kesenian tari dan musik, wujud Barongannyaan berbentuk kepala dan badan. Kepalanya terbuat dari kayu dan badannya terbuat dari kain yang tebal dan ekornya terbuat dari ekor sapi yang dibalut dengan kain, sukmanya ialah manusia. Barongan merupakan bagian dari upacara ritual yang biasanya disebut ruwatan di Desa Pasuruhan Lor Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Permasalahan yang diangkat tentang bentuk pertunjukan seni Barongan Markocik Budoyo dalam tradisi ruwatan. Ruwatan Merupakan suatu upacara ritual yang bertujuan untuk mengusir nasib buruk atau kesialan yang ada pada seseorang. Peneliti ini mengunakan metode kualitatif deskriptif pengunaan metode ini dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek peneliti secara holistik dengan cara deskriptif,pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. proses pengambilan data meliputi tehnik observasi, tehnik wawancara, dan tehnik dokumentasi. Penulis memaparkan situasi atau peristiwa dengan sistematis dan tidak mencari hubungan antar variabel juga tidak menguji hipotesa dan maupun membuat prediksi. Hasil penelitian mengenai bentuk pertunjukan seni Barongan Markocik Budoyo dalam acara ruwatan. Anak yang di ruwat diberi kalung dari janur kuning dan duduk di depan Barongan. Urutan penyajian kesenian Barongan Markocik Budoyo terdiri dari tiga bagian yaitu Pra tontonan, Pementasan, Penutup. Elemen- elemen dalam bentuk pertunjukan tari Barongan adalah tema, penari, gerak, iringan, tata riasdan tata busana, tempat dan waktu pertunjukan, urutan penyajian. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat di kemukakan adalah sebagai berikut memperbaiki atau menambah gerakan-gerakan yang lebih atraktif, menambah perbaikan dalam tata rias dan busana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pertunjukan, Seni Barongan, Ruwatan, Markocik Budoyo
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:45
Last Modified: 13 Nov 2015 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item View Item