STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM LAKON DEWA RUCI VERSI KI ANOM SUROTO DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAGI SISWA SMP


Joko Wuryanto , 2101907014 (2008) STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM LAKON DEWA RUCI VERSI KI ANOM SUROTO DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAGI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM LAKON DEWA RUCI VERSI KI ANOM SUROTO DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAGI SISWA SMP]
Preview
PDF (STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM LAKON DEWA RUCI VERSI KI ANOM SUROTO DAN KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAGI SISWA SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Karya sastra adalah kehidupan buatan atau rekaan sastrawan. Karya sastra pada umumnya merupakan gambaran peristiwa atau kejadian dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, meskipun tidak sama persis. Karya sastra menurut bentuknya dibagi atas prosa, puisi, dan drama. Lakon wayang purwa termasuk dalam bagian drama, aktornya adalah tokoh-tokoh wayang. Hanya bedanya dimainkan oleh seorang dalang. Lakon wayang purwa sangat kaya dengan berbagai model perangai manusia, baik wayang yang berwatak jahat maupun yang berbudi luhur. Yang berbudi luhur misalnya tokoh Pandawa, sedangkan yang berwatak jahat misalnya tokoh Kurawa. Wayang mempunyai nilai-nilai pendidikan yang bisa diajarkan bagi siswa SMP. Masalah pokok penelitian ini adalah pertama, nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto. Kedua, apakah nilai-nilai pendidikan yang ada dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dapat diajarkan di SMP. Tujuan penulisan skripsi ini adalah menemukan nilai-nilai pendidikan dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dan meneliti kemungkinannya nilai-nilai pendidikan yang ada dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dapat diajarkan di SMP serta teknik bahan ajarnya.. Penulisan Skripsi ini menggunakan pendekatan pragmatik untuk menganalisis unsur intrinsik dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto dan menganalisis kemungkinan nilai-nilai pendidikan yang ada dalam lakon tersebut sebagai bahan ajar bagi siswa SMP. Langkah-langkah analisis dengan pendekatan pragmatik untuk mengungkapkan pesan pengarang yang disampaikan kepada pembaca. Setelah menganalisis lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto, penulis berkesimpulan bahwa lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci versi Ki Anom Suroto mengandung nilai keagamaan,nilai kepatuhan, nilai tanggung jawab, nilai moral, nilai sopan santun, nilai kasih sayang, dan nilai sosial. Nilai-nilai pendidikan itu memenuhi syarat sebagai bahan ajar di SMP, serta dibuat teknik penyajian bahan ajarnya dari salah satu nilai pendidikan tersebut. Atas dasar simpulan itu, penulis mengharapkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci dapat digunakan sebagai alat mendidik siswa. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam lakon wayang purwa dengan cerita Dewa Ruci dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Dewa Ruci, Kemungkinan Bahan Ajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 May 2011 06:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item View Item