FAKTOR-FAKTOR PENENTU PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA


Sri Muliawati , 7311411047 (2015) FAKTOR-FAKTOR PENENTU PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311411047-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank syariah lebih diminati masyarakat karena nisbah bagi hasil dan margin masih kompetitif dibanding bunga bank konvensional. Kinerja bank syariah, dapat dilihat dari profitabilitas. Profitabilitas dikatakan sebagai salah satu indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja suatu perusahaan karena memfokuskan kemampuan perusahaan untuk memperoleh earning dalam operasi perusahaan dan dapat diketahui apakah perusahaan telah menjalankan usahanya secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional), SWBI (Sertifikat Wadiah Bank Indonesia) terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan syariah yang terdaftar di Bank Indonesia yaitu 11 Bank Umum Syariah (BUS). Sampel berdasarkan kriteria purposive sampling ada 4 bank umum syariah. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi Triwulanan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia pada periode 2011 hingga 2013. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPK, NPF, FDR, BOPO dan SWBI secara simultan berpengaruh terhadap ROA. Besarnya pengaruh kelima variabel independen tersebut terhadap ROA adalah sebesar 93,2% dan sisanya sebesar 6,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Untuk hasil secara parsial, variabel DPK, FDR dan BOPO berpengaruh negatif terhadap ROA. Sedangkan untuk variabel NPF dan SWBI berpengaruh positif terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), SWBI (Sertifikat Wadiah Bank Indonesia), Return on Asset (ROA)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:42
Last Modified: 13 Nov 2015 06:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21989

Actions (login required)

View Item View Item