PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL KEINDAHAN ALAM PADA SISWA KELAS VII C SMP PANCASILA KABUPATEN PATI


Fitri Dian Ratnasari, 2101408078 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE THINK-TALK-WRITE MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL KEINDAHAN ALAM PADA SISWA KELAS VII C SMP PANCASILA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101408078-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Pancasila Pati kelas VII C belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode klasikal yaitu metode ceramah sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan pendekatan, teknik, dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Pancasila Pati dapat menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Pancasila pati dengan menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Pancasila Pati setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual; (3) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas VII C SMP Pancasila Pati dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada saat dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII C SMP Pancasila Pati setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual a; (2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual pada siswa kelas VII C SMPPancasila Pati; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual pada siswa kelas VII C SMP Pancasila Pati. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Pancasila Pati. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan metode think-talk-write dan media audio visual. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil ix observasi, jurnal, wawancara, da dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode think-talk-write dan media audio visual pada siswa kelas VII C SMPPancasila Pati. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 72.76 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83.29 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 10.53. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak serius, aktif, mandiri, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakanmetode think-talk-write dan media audiotelah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulispuisi siswa kelas VII C SMP Pancasila Patidan mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan atau menerapkan metode think-talkwrite dan media audiosebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, metode think-talk-write, media audio visual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:38
Last Modified: 13 Nov 2015 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21987

Actions (login required)

View Item View Item