PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015


RINDU NINGATI, 5101411026 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101411026-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran konvensional masih dilakukan pada mata pelajaran konstruksi bangunan. Hal tersebut tidak sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menuntut siswa untuk menjadi subyek aktif dan mandiri. Sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran konstruksi bangunan untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Numbered Heads Together (NHT). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : “Apakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Salatiga?” Model penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana subjek penelitian ini adalah siswa pada kelas X TGB A (kelas kontrol) dan X TGB B (kelas eksperimen), dengan hasil belajar sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa. Untuk mengukur tingkat keaktifan siswa maka digunakan angket keaktifan siswa yang berisi pernyataan-pernyataan positif dan negatif dan diisi oleh responden secara tertutup. Hasil penelitian ini adalah rata rata keaktifan siswa kelas ekperimen sebesar 90,67% dan keaktifan siswa dalam kelas kontrol sebesar 78,78%. Rata-rata nilai kognitif untuk kelas eksperimen sebesar 90,50 dan kelas kontrol sebesar 84,50. Sedangkan dari aspek psikomotorik, kelas eksperimen mencapai rata-rata sebesar 89,84 dan kelas kontrol sebesar 86,87. Untuk rata-rata nilai akhir kelas eksperimen sebesar 90,45 dan kelas kontrol sebesar 82,99, dengan persentase ketuntasan 100% pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jika dilihat dari masing-masing aspek, ada beberapa siswa dalam kelas kontrol yang tidak mencapai ketuntasan minimal dari aspek afektif yaitu sebanyak 14 siswa atau sebesar 38,88% dari keseluruhan jumlah siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terbukti bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dilihat dari berbagai aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Konstruksi Bangunan; Numbered Heads Together
Subjects: T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: muhamad slamet unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:38
Last Modified: 13 Nov 2015 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item View Item