BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN MUSIK RELIGI GRUP DEZED BERSAUDARA PADA MASYARAKAT MUSLIM DESA NGEMBAL REJO KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS


Christiana Budianti, 2501914001 (2015) BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN MUSIK RELIGI GRUP DEZED BERSAUDARA PADA MASYARAKAT MUSLIM DESA NGEMBAL REJO KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501914001-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Grup DEZED Bersaudara adalah sebuah grup musik religi yang terdiri dari dua orang pemain musik dan dua orang vokalis. Grup ini membawakan lagu-lagu pop religi Islami, dengan menggunakan dua buah alat musik keyboard dan satu buah gitar akustik. Lagu yang mereka bawakan adalah milik Bimbo, Opick, Ungu dan lainnya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana Fungsi Musik Religi Grup DEZED Bersaudara Pada Masyarakat Muslim Desa Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, proses pengambilan data meliputi teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, jadi penulis memaparkan situasi atau peristiwa dengan sistematis dan tidak mencari hubungan atau variabel juga tidak menguji hipotesa dan maupun membuat prediksi. Penelitian ini diperoleh bahwa bentuk penyajian musik religi grup DEZED Bersaudara adalah Kwartet, sedangkan fungsi musik religi Grup DEZED Bersaudara antara lain sebagai Ekspresi Emosional (perasaan), Fungsi tentang Kenikmatan Estetis, Fungsi Hiburan, Fungsi Komunikasi, Fungsi Representasi Simbolik, Fungsi Respon Fisik, Fungsi Menguatkan Konformitas terhadap Norma-Norma Sosial, Fungsi Validasi tentang Institusi-Institusi Sosial dan Ritual- Ritual Keagamaan, Fungsi tentang Kontribusi Komunitas dan Stabilitas Budaya, dan Fungsi Kontribusi terhadap Integrasi Masyarakat. Saran peneliti/penulis adalah sebaiknya grup ini menciptakan karya sendiri kemudian ditampilkan dalam pementasan dan aransemen lagu ditulis dan dijadikan sebagai dokumentasi supaya ketika ada pergantian personil maka lagu tersebut dapat dinyanyikan sesuai tulisan dan busana yang digunakan vokalis sebaiknya busana muslim yang syar‟i bukan yang ketat sehingga terlihat lekuk tubuhnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN,MUSIK RELIGI
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:38
Last Modified: 13 Nov 2015 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item View Item