PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Istiqomah, 2011410025 (2015) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Materi pembelajaran menyusun teks eksplanasi di sekolah masih belum menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga masih perlu dikembangkan. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam buku pengayaan. Melalui buku pengayaan, siswa diharapkan lebih dapat menguasai konsep teks eksplanasi, mendapatkan lebih banyak contoh-contoh teks eksplanasi, sehingga dapat terampil menyusun teks eksplanasi. Buku pengayaan teks eksplanasi dikembangkan bermuatan kearifan lokal agar siswa mengenal dan menjaga nilainilai kearifan lokal. Permasalahan penilitian yang dirumuskan (1) bagaimana kebutuhan buku pengayaan menyusun teks eksplanasi yang sesuai untuk siswa dan guru tingkatSMP, (2) bagaimana prototipe buku pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan kearifan lokal untut siswa SMP yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru, (3) bagaimana penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP, dan (4) bagaimana perbaikan prototipe buku pengayaan menyusun teks eksplanasi berdasarkan penilaian dari guru dan ahli. Sementara itu bertujuan, (1) memaparkan kebutuhan buku pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP, (2) menyusun prototipe buku pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP yang sesuai dengan persepsi siswa dan guru, (3) menjelaskan penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks eksplanasi, (4) memperbaiki prototipe buku pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP berdasarkan penilaian dari guru dan ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan reasearch and development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan menyusun teks eksplanasi dan data hasi hasil validasi. Analisis data penilitian ini menggunaakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh (1) buku pengayaan menyusun teks eksplanasi dibutuhkan siswa SMP dalam memenuhi kebutuhan materi dalam menyusun teks eksplanasi, (2) buku pengayaan menyusun teks eksplanasi bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP memperoleh nilai rata-rata sebesar ix 84,76, (3) perbaikan yang dilakukan dalam buku pengayaan meliputi (a) perbaikan sampul, (b) perbaikan penyajian materi, (c) penambahan materi teks eksplanasi dan contoh teks eksplanasi dalam buku pengayaan, serta (d) perbaikan ejaan, tanda baca, dan pilihan kata. Saran yang direkomendasikan adalah (1) buku pengayaan menyusun teks eksplanasi ini hendaknya direkomendasikan sebagai bahan ajar pendamping dalam pembelajaran menyusun teks eksplansi, (2) buku pengayaan ini dapat disempurnakan dengan desain buku yang lebih menarik sehingga semakin menambah minat siswa untuk belajar, (3) perlu diadakan penelitian lenih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan menyusun teks eksplanasi untuk siswa SMP ini
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menyusun teks eksplanasi, kearifan lokal |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 06:31 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 06:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21982 |
Actions (login required)
View Item |