PENGARUH KEPUASAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan PT Indonesian Knitting Factory Semarang)


Ida Sanjaya Dewi, 7311411045 (2015) PENGARUH KEPUASAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan PT Indonesian Knitting Factory Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311411045-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja merupakan terminology atau konsep yang digunakan dalam kerangka mendorong keberhasilan organisasi atau sumber daya manusia. Kinerja karyawan menjadi fokus perrhatian organisasi karena kinerja karyawan merupakan kunci terhadap efektifitas atau keberhasilan suatu organisasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, lingkungan kerja dan perilaku kewargaan organisasional terhadap kinerja karyawan secara langsung dan secara tidak langsung yang dimediasi perilaku kewargaan organisasional. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT IKF Semarang yang berjumlah 168 karyawan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 117 karyawan yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda secara parsial dan analisis jalur menggunakan SPSS for Windows versi 16. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional (0.003<0.05), ada pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap perilaku kewargaan organisasional (0.000<0.05), ada pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan (0.000<0.05), ada pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan (0.030<0.05), ada pengaruh langsung perilaku kewargaan organisasional terhadap kinerja karyawan (0.000<0.05). Perilaku kewargaan organisasional memediasi hubungan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan (0.396>0.281), perilaku kewargaan organisasional memediasi hubungan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan (0.405>0.167) sehingga H1, H2, H3, H4, H5, H6, dan H7 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial kepuasan kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kewargaan organisasional, serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Perilaku kewargaan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. perilaku kewargaan organisasional mampu memediasi hubungan kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya perusahaan memberikan promosi kepada seluruh karyawan berupa pemberian penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, serta melakukan pengawasan terhadap aktivitas kerja dalam perusahaan sehingga kinerja karyawan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, dan Organizational Citizenship Behavior
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:17
Last Modified: 13 Nov 2015 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item