PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INTERNATIONAL BATIK CENTER PEKALONGAN


Thabbit Siddiq, 2450408024 (2014) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI INTERNATIONAL BATIK CENTER PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2450408024-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (893kB) | Preview

Abstract

International Batik Center atau yang biasa disebut “IBC” adalah sebuah wadah grosir batik, yang didirikan oleh beberapa pengusaha batik di Pekalongan dengan tujuan dapat menampung pengusaha batik kecil hingga besar di Pekalongan agar dapat bersatu dan bersaing secara sehat, serta dapat memajukan para pengusaha lokal. IBC tergolong masih baru dikota Pekalongan, oleh karena itu IBC tentunya memerlukan sebuah strategi promosi yang baik agar dikenal oleh masyarakat umum baik masyarakat kota Pekalongan maupun masyarakat Indonesia dan mancanegara. Media promosi sangatlah dibutuhkan oleh IBC melihat banyaknya persaingan usaha dalam bidang yang sama. Oleh karena itu media promosi yang tepat dan baik sangatlah membantu guna memperkenalkan IBC pada masyarakat luas, karena IBC merupakan sebuah potensi bagi pengusaha-pengusaha batik kota Pekalongan agar dapat memajukan usaha lebih berkembang lagi hingga bertaraf internasional. Adapun media promosi yang selama ini dibuat oleh IBC hanya terpaku pada media cetak seperti baliho, brosur, dan surat kabar. Namun hal itu kurang efektif dan efisien dikarenakan informasi mengenai gambaran IBC tidak secara menyeluruh. Dengan strategi promosi yang baik dan jitu diharapkan akan mempermudah dalam mengenalkan IBC kepada masyarakat. Secara garis besar proses pembuatan proyek studi ini melalui empat tahap. Tahap-tahap ini meliputi: (1) tahap persiapan (penelitian, penentuan khalayak sasaran); (2) pemotretan (menentukan dan memperhatikan obyek yang akan dipotret, persiapan, proses pemotretan); (3) perancangan tata letak/layout, konsultasi karya; (4) print out/pencetakan, penyajian karya. Dalam proyek studi ini dihasilkan 1 booklet, 10 poster, dan 1 CD interaktif. Setiap media promosi memiliki tata letak/layout yang berbeda, akan tetapi dalam satu kesatuan dan memiliki tujuan yang sama yaitu memperkenalkan IBC Pekalongan pada masyarakat luas. Melalui media promosi ini diharapkan informasi yang dikemas dapat tersampaikan kepada khalayak sasaran, sehingga dapat meningkatkan arus kunjungan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: International Batik Center Pekalongan, perancangan, media promosi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:15
Last Modified: 13 Nov 2015 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21978

Actions (login required)

View Item View Item