PERANCANGAN MEDIA PROMOSI VISUAL KUE KERING “DUA BINTANG” UNGARAN DENGAN PENERAPAN KONSEP BAURAN MEDIA


Chania Dian Atikasari, 2411410067 (2015) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI VISUAL KUE KERING “DUA BINTANG” UNGARAN DENGAN PENERAPAN KONSEP BAURAN MEDIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2411410067-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (845kB) | Preview

Abstract

Media promosi visual adalah suatu tindakan mengomunikasikan suatu produk atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk kasat mata dengan cara mempengaruhi konsumen secara langsung maupun tidak langsung untuk menciptakan jual beli dalam pemasaran. Kue kering “Dua Bintang” Ungaran merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi dan menjual berbagai jenis aneka kue kering, antara lain stik keju, stik gurih, akar kelapa, kuping gajah, onde-onde, widaran, kue sagu putih dan cokelat, tela-tela, kue semprong, dan masih banyak lagi. Sebagai suatu usaha yang sedang berkembang, kue kering “Dua Bintang” Ungaran membutuhkan suatu rancangan media promosi. Tujuan proyek studi ini adalah (1) menerapkan konsep bauran media pada perancangan media promosi kue kering “Dua Bintang” Ungaran, yang mencakupi media tercetak berupa iklan koran dan tabloid, pamflet, kemasan, billboard, shop sign branding, serta kalender. (2) Menghasilkan rancangan media promosi visual berupa iklan koran dan tabloid, pamflet, kemasan, billboard, shop sign branding, serta kalender sebagai alternatif untuk mempromosikan kue kering “Dua Bintang” Ungaran. Perancangan media promosi visual ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses penetapan tujuan karya, studi kepustakaan, analisis khalayak sasaran, analisis SWOT, rumusan analisis SWOT, seleksi media, penentuan konsep desain, observasi dan kerjasama dengan client, pembuatan desain secara komputerisasi, pencetakan, serta penyajian karya desain. Rancangan media promosi visual bagi kue kering “Dua Bintang” Ungaran ini menerapkan konsep bauran media, dengan tujuan dapat menjadikan proses berpromosi lebih efektif dan efisien. Dalam bauran media terdapat proses seleksi dan prioritas media, sehingga dapat menimbulkan efektivitas komunikasi dan efisiensi biaya. Dengan adanya seleksi dan prioritas media ditambah dengan penjadwalan media, maka akan diketahui media mana yang benar-benar dibutuhkan dan media mana yang akan diprioritaskan. Berdasarkan hal tersebut maka media yang dipilih dalam perancangan ini berupa iklan koran dan tabloid, pamflet, kemasan, billboard, shop sign branding, serta kalender. Melalui proyek studi ini telah dihasilkan rancangan media promosi visual bagi kue kering “Dua Bintang” untuk memperluas segmentasi pasar atau agar lebih dikenal luas oleh masyarakat. Selain itu agar produk yang dihasilkan oleh kue kering “Dua Bintang” memiliki ciri khas tersendiri di mata konsumen, untuk menghadapi persaingan dalam dunia usaha. Saran yang dapat dikemukakan, perancangan media promosi ini dapat diaplikasikan guna membantu mempromosikan produk kue kering “Dua Bintang” Ungaran kepada konsumen secara lebih luas, serta dapat memberikan ciri khas atau identitas tersendiri di mata konsumen. Diharapkan, hal ini akan memberikan dampak positif dengan meluasnya segmentasi pasar, dan dapat mengembangkan usaha menjadi lebih maju ke depannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Media Promosi, Media Promosi Visual, Penerapan Konsep Bauran Media.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 06:09
Last Modified: 13 Nov 2015 06:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item View Item