EVALUASI PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS VII SMP NEGERI 11 MAGELANG


Yuni Kusmawati, 2501411141 (2015) EVALUASI PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS VII SMP NEGERI 11 MAGELANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501411141-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi dilakukan oleh guru terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik dari kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotorik, digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kema- juan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran serta dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pembelajaran yang terjadi selama ini telah maksimal atau belum. Masalah penelitian ini adalah bagaimana evaluasi pembelajaran Seni Tari pada siswa kelas VII di SMP N 11 Magelang. Tujuan penelitian ini mengetahui dan mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Seni Tari pada siswa kelas VII SMP 11 Magelang. Peneliti menggunakan mixed method yang memadukan metode kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan yang digunakan fenomenologi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif untuk memperoleh hasil evaluasi pembelajaran dan metode kualitatif digunakan untuk mendeskrispsikan hasil evaluasi pembelajaran dari evaluasi kegiatan belajar mengajar, evaluasi harian, evaluasi tengah semester, dan evaluasi semesteran. Lokasi dan sasaran penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 11 Magelang. Peneliti memperoleh data dengan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi pembelajaran Seni tari yang ada di SMP N 11 Magelang sudah berjalan lancar. Proses evaluasi dilaksanakan meliputi evaluasi kegiatan belajar mengajar yang diambil dari nilai tugas, ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian semester. Hasil yang diperoleh menunjukkan 70% siswa lulus dengan nilai di atas 75 dan 30% siswa mendapat nilai di bawah 75, maka dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi yang telah dilakukan baik karena lebih dari 50% siswa lulus. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar memvariasikan bentuk soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa, akan lebih baik apabila soal yang digunakan untuk ulangan harian berupa soal essay. Soal essay diharapkan dapat mengukur kemampuan siswa dan siswa dituntut untuk berfikir, guru dapat merubah teknik penilaian dengan tidak membuka buku saat penilaian dan soal yang diberikan tiap kelas berbeda dan guru perlu mempertimbangkan proses pembelajaran. Bagi peserta didik, diharapkan lebih rajin dan disiplin dalam pembelajaran mata pelajaran Seni Tari agar ilmu yang dapat bermanfaat untuk masa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Evaluasi, Pembelajaran.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 04:18
Last Modified: 13 Nov 2015 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21973

Actions (login required)

View Item View Item