Tari Zafin Marawis sebagai Sarana Interaksi Sosial Masyarakat Muslim Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap


Septi Wahyu Setianingsih Sugiyo, 2501411119 (2015) Tari Zafin Marawis sebagai Sarana Interaksi Sosial Masyarakat Muslim Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501411119-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tari Zafin Marawis merupakan kesenian yang berasal dari Arab (Timur Tengah), tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia termasuk di Kabupaten Cilacap yaitu Desa Tayem Timur. Kesenian tari Zafin Marawis digunakan untuk acara-acara seperti hajatan, khitanan, syukuran, pengajian dan sarana hiburan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bentuk pertunjukan dan interaksi sosial komunitas muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pertunjukan dan bagaimana interaksi sosial masyarakat dalam komunitas muslim. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan November-Desember 2014 di Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian tari Zafin Marawis dalam bentuk pertunjukan yaitu pelaku terdiri dari 2-3 penari dan 14 pemusik/penabuh. Ragam gerak terdiri dari bagian awal, inti dan penutup. Bagian awal yaitu julus (duduk), gerak kaki jinjit dan tangan mengayun, gerak bertepuk tangan dan menjentikan jari tangan, gerakan berputar, gerak melangkah mundur, gerak menendang, gerak meletakan kedua tangan diujung pelipis, dan gerak tahtu (bersimpuh dengan satu kaki dilipat). Pola lantai yang digunakan seperti irama lambat, berputar setengah lingkaran, kaki jinjit maju mundur, berputar mulai dari samping bersamaan, silang, gerak cepat sesuai irama musik, berputar dengan cepat, dan berlawanan arah maju mundur. Tari Zafin Marawis membentuk interaksi sosial masyarakatnya melalui perkumpulan seperti latihan dan pertunjukan tari Zafin Marawis. Saran yang dapat diberikan penulis berdasarkan hasil penelitian adalah masyarakat Desa Tayem Timur harus tetap menjaga, melestarikan, dan mengembangkan kesenian tari Zafin Marawis agar tidak hilang begitu saja. Pemerintah Kabupaten Cilacap harus lebih memperhatikan kepada semua group tari Zafin Marawis di Kabupaten Cilacap dengan memberikannya sarana dan fasilitas yang dibutuhkan dan bagi seniman tari Zafin Marawis hendaknya melakukan kreatifitas-kreatifitas lagi dalam pertunjukannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bentuk pertunjukan, interaksi sosial, tari Zafin
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 03:58
Last Modified: 13 Nov 2015 03:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item