PERAN DAN TANGGUNGJAWAB DINAS SOSIAL, PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM PEMENUHAN KESEJAHTERAAN ATLET ANGGAR DI KOTA SEMARANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 3 TAHUN 2005


Fenc Sabelino , 8111411146 (2015) PERAN DAN TANGGUNGJAWAB DINAS SOSIAL, PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM PEMENUHAN KESEJAHTERAAN ATLET ANGGAR DI KOTA SEMARANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO 3 TAHUN 2005. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 8111411146-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional menjelaskan bahwa olahraga merupakan bagian dari proses dan pencapaian tujuan pembangunan nasional sehingga keberadaan dan peranan olahraga dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus ditempatkan pada kedudukan yang jelas dalam sistem hukum nasional. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran dan tanggung jawab Dinas Sosial Pemuda Dan Olahraga dalam pembinaan atlet anggar di Kota Semarang berdasarkan undang-undang nomor 3 tahun 2005. (2) Bagaimana aplikasi pemenuhan kesejahteraan atlet anggar Kota Semarang pada saat menjadi atlet dan setelah habis masa batas usianya menjadi atlet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data peneltitian ini adalah (a) Wawancara Petugas Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang, KONI Kota Semarang, dan atlet anggar Kota Semarang. (b) Studi kepustakaan dari buku-buku dan artikel-artikel ilmiah mengenai olahrga.Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan tahapan telaah data, reduksi data, penyusunan satuan, keabsahan data dan kesimpulan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Undang-Undang No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, kesejahteraan atlet anggar di kota semarang kurang terpenuhi karena hanya tepenuhi soal gaji saja, untuk bidang kesehatan, pendidikan, serta lapangan pekerjaan sama sekali tidak terpenuhi. Lalu peran dan tanggungjawab Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga adalah dibidang pendanaan dan semua program di lapangan di limpahkan ke KONI Kota Semarang, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2007 tentang Pendanaan Keolahragaan. Saran penulis adalah Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga harus lebih memperhatikan kesejahteraan atlet anggar khususnya untuk bidang kesehatan, pendidikan, serta lapangan pekerjaan untuk atlet anggar yang mengharumkan nama Kota Semarang. Dalam hal pemenuhan kesejahteraan atlet anggar Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga sebaiknya lebih berperan aktif agar dapat terwujud kesejahteraan yang layak untuk atlet anggar sesuai dengan Undang- Undang No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga, Atlet, Kesejahteraan Atlet
Subjects: K Law > K Law (General)
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 04:00
Last Modified: 13 Nov 2015 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21959

Actions (login required)

View Item View Item