STRATEGI PEMBELAJARAN CIPTA LAGU POPULER PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS XII SMAN 2 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Nisa Rahma Puspita, 2501411094 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN CIPTA LAGU POPULER PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS XII SMAN 2 TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501411094-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran, sangat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang diterapkan guru didalam kelas. Dalam pembelajaran cipta lagu populer pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas XII SMAN 2 Temanggung tahun pelajaran 2014/2015, guru dapat mengembangkan kreativitas musik siswa dalam mencipta lagu populer dan pembelajaran ini telah berjalan selama sembilan tahun lamanya. Keberhasilan pembelajaran inilah yang mendorong penulis melakukan penelitian untuk mengetahui strategi khusus yang diterapkan oleh guru selama pembelajaran cipta lagu populer tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran cipta lagu populer pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas XII SMAN 2 Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan di SMA N 2 Temanggung yang beralamat di Jalan Pahlawan, Kelurahan Giyanti, Temanggung dengan waktu penelitian selama 5 bulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengampu seni musik dan siswa kelas XII SMAN 2 Temanggung peminatan seni musik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru seni musik SMA N 2 Temanggung menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, dan kooperatif selama pembelajaran cipta lagu populer. Dalam pelaksanaannya, guru mengkombinasikan dengan berbagai metode yakni metode proyek, penugasan, diskusi, demonstrasi, ceramah, tanya jawab, dan latihan. Strategi pembelajaran ekspositori dan inkuiri serta metode diskusi, ceramah, dan tanya jawab banyak digunakan guru ketika pemberian materi teori. Strategi pembelajaran kooperatif dilakukan sepanjang tahap pembelajaran dengan mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok kecil didalam kelas. Sedangkan metode proyek, penugasan, demonstrasi, dan latihan banyak dipakai guru ketika memberi materi praktek dengan alat musik. Evaluasi akhir dilakukan guru dengan menyuruh siswa mengumpulkan karya musiknya dalam bentuk mp3 dan mp4. Saran yang dapat diberikan oleh penulis dalam penelitian ini adalah agar guru SMA/MA/SMK dianjurkan untuk menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, dan kooperatif, serta menggunakan metode proyek, penugasan, diskusi, demonstrasi, ceramah, tanya jawab, dan latihan dalam pembelajaran musik agar siswa memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, cipta lagu, lagu populer dan seni budaya
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 03:38
Last Modified: 13 Nov 2015 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item