PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI BUSTANUL ATHFAL (BA) DAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) DI KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN


Anisa Siti Maryanti, 1601409041 (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI BUSTANUL ATHFAL (BA) DAN RAUDHATUL ATHFAL (RA) DI KECAMATAN KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601409041-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) antara lain Taman Kanakkanak (TK) adalah masa yang sangat penting dan merupakan usia emas (golden age). Pada masa ini merupakan kesempatan yang paling tepat untuk mengembangkan kepribadian anak. Pengembangan nilai-nilai keagamaan pada program usia dini merupakan pondasi awal dan sangat penting keberadaannya. Jika hal itu telah tertanam dan terpatri dengan baik dalam setiap insan sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Pembelajaran pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak diterapkan dalam program kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggunakan metode analisis data secara kualitatif karena metode tersebut menggambarkan dan memaparkan hasil penelitian berupa keadaan atau peristiwa dan suatu objek sebagaimana adanya. Penelitian dilakukan di dua lembaga Raudhatul Athfal dan dua lembaga Bustanul Athfal. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalalah berupa pelaksanaan proses pembelajaran nilai Agama serta muatran nilai agama Islam pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal (RA) dan Bustanul Athfal (BA). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran nilai Agama Islam dan mendeskripikan perbedaan muatan nilai Agama Islam pada anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal (RA) dan Bustanul Athfal (BA). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini di Raudhatul Athfal dan Bustanul Athfal dilakukan dengan cara memberikan materi-materi yang berguna sebagai bekal anak dalam menjalani kehidupan seperti materi akidah, ibadah dan akhlak. Materi akidah berupa pengenalan rukun iman, materi ibadah berupa rukun islam sedangkan akhlak berupa penanaman perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan dari penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik, orang tua, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Nilai Agama Islam, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 03:42
Last Modified: 15 Nov 2015 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21950

Actions (login required)

View Item View Item