KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA YANG MENGIKUTI LES MUSIK DI WILAYAH SEMARANG BARAT
Julian Qhajtara, 1550408013 (2015) KECERDASAN EMOSI PADA REMAJA YANG MENGIKUTI LES MUSIK DI WILAYAH SEMARANG BARAT. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosi remaja merupakan kemampuan remaja untuk mengenali emosi diri yang meliputi kemampuan memperhatikan keadaan batin serta mengamati dan mengenali emosi tanpa harus larut kedalam emosi dan bereaksi secara berlebihan, mengelola emosi diri untuk menstabilkan emosi agar emosi yang merisaukan tetap terkontrol serta memotivasi diri untuk tidak terjebak dalam kecemasan, pasrah dan depresi. Mengenali emosi orang lain, meliputi kemampuan berempati dan penyesuaian diri secara emosional untuk dapat membina hubungan yang baik dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosi remaja yang mengikuti les musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah remaja yang mengikuti les musik di wilayah semarang barat. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil memiliki karakteristik seperti, remaja berusia 12-15 tahun, telah mengikuti les musik sekurang-kurangnya 3 bulan. Jumlah responden yang diperoleh pada penelitian ini berjumlah 94 responden. Alat pengumpulan data menggunakan skala. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Validitas dan reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan software pengolah data. Analisis validitas menggunakan product moment dimana instrumen dinyatakan valid dengan koefisien validitas tertinggi sebesar 0,751 dan terendah sebesar 0,329. Analisis reliabilitas menggunakan koefisien alpha dimana instrumen dinyatakan reliabel untuk digunakan dalam penelitian dengan nilai koefisien reliabilitas skala kecerdasan emosi sebesar 0,917. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosi remaja yang mengikuti les musik di wilayah semarang barat secara umum berada pada kategori sedang 65,96% (62 subyek) dari 94 subyek. Berdasarkan jenis kelamin, kelompok remaja perempuan memiliki kecerdasan emosi pada kategori sedang 68,18% (30 subyek) dari 44 subyek dan pada kelompok laki-laki berada pada kategori sedang, 64% ( 32 Subyek).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosi, Remaja, Les Musik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 03:13 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 03:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21936 |
Actions (login required)
View Item |