GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA ANAK YANG MEMILIKI IBU MENDERITA GANGGUAN JIWA


Iis Amalia, 1511411161 (2015) GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA ANAK YANG MEMILIKI IBU MENDERITA GANGGUAN JIWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511411161-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan suatu relasi saling terkait satu sama lain, hal ini dapat dipahami bila sesuatu menimpa salah satu anggota keluarga dampaknya akan mengenai anggota keluarga yang lain, begitupun dengan keluarga yang memiliki anggota keluarga bergangguan jiwa. Anak dari orangtua menderita gangguan jiwa sangat rentan mengalami permasalahan pada tahap perkembangannya, status mental orang tua yang dianggap masyarakat memiliki stigma yang buruk terhadap perkembangan anak sedangkan pada masa ini anak juga harus dapat melalui tugas perkembangan sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai perkembangan anak yang memiliki ibu bergangguan jiwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian perkembangan pada anak yang memiliki ibu menderita gangguan jiwa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Peneliti melakukan studi kasus awal untuk mendapatkan kasus yang dianggap sesuai dengan kriteria yakni anak yang pernah diasuh dan tinggal serumah dengan ibu yang memiliki gangguan jiwa. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, tes grafis, dan peer sosiometric. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa anak yang memiliki ibu menderita gangguan jiwa memiliki capaian perkembangan yang tidak sama dengan anak lain seusianya terutama secara fisik, kognitif, bahasa, moral dan psikososial. Kurang tercapainya tugas perkembangan pada narasumber membuatnya memiliki beberapa permasalahan dalam perkembangan permasalahan tersebut adalah ketidak mampuan merawat diri secara mandiri, kemampuan kognitif yang rendah, narasumber memiliki intelegensi dan prestasi belajar yang rendah disekolah, perkembangan bahasa anak tidak sesuai norma sosial yang berlaku dimasyarakat sehingga anak kurang dapat berkomunikasi dengan baik sesuai norma yang berlaku dimasyarakat, narasumber masih dalam tahap perkembangan moral prakonvensional, dampak psikososial pada anak dalah rejected children, sosial withdrawl, kesepian, kurangnya kontrol emosi, perasaan bersalah karena menjadi penyebab ibu menderita gangguan jiwa, putus asa dan cemas terhadap masa depannya, takut disakiti oleh ibunya, self esteem yang rendah dan kurangnya rasa percaya diri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Anak, Ibu menderita gangguan jiwa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 03:09
Last Modified: 13 Nov 2015 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21935

Actions (login required)

View Item View Item