IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA TERKAIT PENGGANDAAN BUKU (STUDI KASUS USAHA FOTOKOPI DI KAWASAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)


Nahfidatul Nurlaela Oktavia, 8111411105 (2015) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA TERKAIT PENGGANDAAN BUKU (STUDI KASUS USAHA FOTOKOPI DI KAWASAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 8111411105-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (869kB) | Preview

Abstract

Penggandaan buku ilegal masih sering dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan pengelola usaha fotokopi. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Pasal 9 ayat 3, Pasal 10, Pasal 44, Pasal 46 pada dasarnya sudah mengatur mengenai pelanggaran Hak Cipta terkait dengan penggandaan buku, tetapi masih dijumpai masyarakat yang melakukan penggandaan buku dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan secara ekonomis. . . Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terkait penggandaan buku? 2) Bagaimana upaya Pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum bagi penulis buku terkait dengan maraknya penggandaan buku? . ? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. . Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta terkait penggandaan buku masih belum terlaksana dengan maksimal dilihat dengan masih adanya penggandaan buku yang dilakukan oleh mahasiswa dan pengelola usaha fotokopi untuk memperoleh keuntungan secara ekonomis. Faktor penyebab penggandaan buku di kawasan UNNES terjadi karena faktor internal dan faktor eksternal. Upaya Pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum bagi penulis buku terkait maraknya pelanggaran Hak Cipta dalam bentuk penggandaan buku ini dengan diadakannya perubahan dari masa ke masa mengenai Undang-Undang Hak Cipta, sosialisasi mengenai Hak Cipta yang diadakan di sekolah-sekolah dan diberlakukannya sanksi perdata dan sanksi pidana pada pelaku pelanggar Hak Cipta. . . Dapat disimpulkan bahwa 1) Undang-Undang Hak Cipta yang telah ada sudah efektif meskipun implementasi Undang-Undang Hak Cipta belum terlaksana dengan maksimal 2) upaya Pemerintah sangat diperlukan dalam memberikan perlindungan hukum bagi penulis buku tersebut adalah dengan diadakannya perubahan Undang-Undang Hak Cipta dan adanya sanksi pidana dan sanksi perdata yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Saran dari penelitian ini adalah 1) perlu adanya sosialisasi hukum tentang Hak Cipta 2) Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam hal memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku pelanggar Hak Cipta 3) Penertiban secara intensif dengan cara diadakanya razia ke tempat usaha fotokopi dari pihak Kepolisian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran Hak Cipta, Penggandaan Buku, Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 03:12
Last Modified: 13 Nov 2015 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21934

Actions (login required)

View Item View Item