PENGARUH KEADILAN IMBALAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN BERORIENTASI TUGAS TERHADAP PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT PADA SALES PT. COLUMBINDO PERDANA CABANG SEMARANG


Mauli Elayati, 1511411136 (2015) PENGARUH KEADILAN IMBALAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN BERORIENTASI TUGAS TERHADAP PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT PADA SALES PT. COLUMBINDO PERDANA CABANG SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511411136-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan harus selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan cara memberikan dukungan organisasi kepada para karyawannya. Dukungan organisasi dari perusahaan akan dinilai oleh karyawan sebagai keyakinan global mengenai kepedulian organisasi terhadap kesejahteraannya. Perceived organizational support yang rendah bagi karyawan dapat menjadikan karyawan memiliki semangat kerja rendah dan sulit mencapai hasil yang maksimal. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perceived organizational support pada karyawan adalah keadilan imbalan dan gaya kepamimpinan berorientasi tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah sales di PT. Columbindo Perdana Cabang Semarang yang berjumlah 49 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah studi populasi atau sampling jenuh, dimana semua subyek penelitian diambil sebagai sampel. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif perceived organizational support pada sales PT. Columbindo Perdana Cabang Semarang berada pada kriteria sedang, keadilan imbalan berada pada kriteria sedang, dan gaya kepemimpinan berorientasi tugas berada pada kriteria sedang. Secara simultan keadilan imbalan dan gaya kepemimpinan berorientasi tugas berpengaruh signifikan terhadap perceived organizational support pada sales sehingga hipotesis (H3) diterima. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,433. Artinya sumbangan pengaruh keadilan imbalan dan gaya kepemimpinan berorientasi tugas terhadap perceived organizational support sebesar 43,3 %. Nilai koefisien persamaan garis regresi variabel keadilan imbalan terhadap perceived organizational support adalah 1,127 dan nilai t hitung > t tabel atau 5,815 > 2,021 dengan p sebesar 0,000 atau p < 0,05. Artinya secara parsial ada pengaruh positif antara keadilan imbalan terhadap perceived organizational support pada sales sehingga hipotesis pertama (H1) diterima. Sedangkan nilai koefisien persamaan garis regresi variabel gaya kepemimpinan berorientasi tugas terhadap perceived organizational support sebesar -0,346 dan nilai t hitung < t tabel atau -1,254 < 2,021dengan p sebesar 0,216 atau p > 0,05. Artinya secara parsial tidak ada pengaruh negatif dan signifikan antara gaya kepemimpinan berorientasi tugas dengan perceived organizational support pada sales sehingga hipotesis pertama (H2) ditolak. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Gibson dimana bahwa demokrasi, pembagian keuntungan, dan informasi merupakan hal yang penting dibandingkan hirarki manajemen. Selain itu keterlibatan pegawai dan gaji lebih diperlukan dan berpengaruh bagi karyawan, dibandingkan dengan kehadiran dari pimpinan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keadilan imbalan, gaya kepemimpinan berorientasi tugas, perceived organizational support
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 02:53
Last Modified: 13 Nov 2015 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21927

Actions (login required)

View Item View Item