PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION AND INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN PEMBIASAAN BEKERJA ILMIAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ai Nur'aisyah , 4201411089 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALISATION AND INTELLECTUALLY (SAVI) DENGAN PEMBIASAAN BEKERJA ILMIAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Pembelajaran fisika bertujuan membekali siswa dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Metode ceramah yang berpusat pada guru membuat siswa kurang termotivasi untuk aktif di kelas. Hasil belajar fisika siswa SMP tergolong rendah sehingga perlu adanya perbaikan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Somatic, Auditory, Visualisation and Intellectually (SAVI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran SAVI dengan pembiasaan bekerja ilmiah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang tahun ajaran 2015. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksperimen. Hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan posttest untuk kedua kelas mengalami peningkatan sebesar 0.648 dan 0.535 dengan kategori N-Gain sedang. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 0.321 dan 0.395 dengan kategori N-Gain sedang. Analisis uji t menunjukkan thitung motivasi sesudah perlakuan sebesar 2.303 dan ttabel sebesar 1.671 serta hasil belajar berdasarkan nilai posttest menunjukkan thitung sebesar 3.209 dan ttabel sebesar 1.671. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak yang berarti rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil belajar psikomotorik dan afektif diperoleh melalui teknik observasi. Setelah diakumulasikan dan dihitung rata-ratanya, nilai psikomotor dan afektif menunjukkan nilai dengan kriteria tinggi untuk kedua kelas. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualisation and Intellectually (SAVI) dengan pembiasaan bekerja ilmiah dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: SAVI, Pembiasaan Bekerja Ilmiah, Motivasi, Hasil Belajar.
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 21:48
    Last Modified: 12 Nov 2015 21:48

    Actions (login required)

    View Item