PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Tergolong BUMN Periode 2012-2013)


Mayliana Fauzizah, 7311411032 (2015) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TOTAL ASET PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Tergolong BUMN Periode 2012-2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7311411032-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja bank syariah diukur dengan total aset, sehingga dapat diketahui aspek mana yang berpengaruh bagi total aset PT. Bank Negara Indonesia Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah dan Bank Syariah Mandiri Tahun 2012 – 2013. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode CAMELS yang didalamnya tergolong Capital, Assets Quality, Management, Earning, Liquidity, dan Sensitivity to Market Risk untuk mengetahui tingkat kinerja Bank Syariah yang masih tergolong dalam BUMN yaitu PT. Bank Negara Indonesia Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah dan Bank Syariah Mandiri Tahun 2012 – 2013. Serta, menggunakan analisis regresi dan deskriptif. Namun, pada penelitian ini tidak menggunakan aspek manajemen. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rasio CAMELS bank yang masih tergolong dalam BUMN tahun 2012 – 2013 yaitu faktor Capital (Permodalan), rasio CAR berpredikat sangat baik. Faktor Asset Quality Kondisi kualitas Aset menggunakan rasio KAP tergolong baik. Faktor Earning (Rentabilitas) diukur dengan rasio ROA. Posisi rentabilitas telah mengalami kenaikan dan ada yang mengalami penurunan peringkat, serta mempunyai predikat yang baik. Posisi Liquidity (Likuiditas) menggunakan rasio FDR, dalam rasio ini berpredikat baik. Posisi Sensitivity to market risk (Sensitivitas terhadap risiko pasar) berpredikat baik. Dari ke empat aspek yang telah di analisis menggunakan analisis regresi dapat diketahui dari keempat aspek tersebut rasio CAR yang saling mempengaruhi terhadap total aset. Adapun kesimpulan yang dapat diberikan oleh penulis dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah memiliki tingkat kinerja yang baik. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan menambah sampel perusahaan perbankan yang berbasis syariah sebagai perbandingan atas ketiga bank syariah tersebut dan menambahkan tahun penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bank, CAMELAS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 13 Nov 2015 02:22
Last Modified: 13 Nov 2015 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21917

Actions (login required)

View Item View Item