PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE ( PREDICT – OBSERVE – EXPLAIN) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


ItaWulandari, 4201411076 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE ( PREDICT – OBSERVE – EXPLAIN) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411076-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fisika merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang menyampaikan konsep, fakta dan prinsip yang tidak hanya memberi materi dengan ceramah saja, tetapi juga dengan model pembelajaran yang lebih efektif.Suatu model pembelajaran dibutuhkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa terlibat aktif dalam mengaplikasikan konsep-konsep IPA di kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu model POE (Predict-Observe-Explain). POE adalah metode pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk mengembangkan kecakapan hidup (life skills).Salah satu kecakapan hidup yang harus dikuasai adalah kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP setelah diterapkannya model POE berbantuan LKS pada pokok bahasan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Ambarawa dengan One group pretest-post design. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling dengan populasi kelas VIIF&VIIG. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,dokumentasi dan tes.Metode observasi untuk mngetahui kemampuan berpikir kritis.Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui memperoleh daftar nama siswa yang digunakan dalam sampel.Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif.Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai pre-post kelas eksperimen yang dibandingkan dengan KKM mata pelajaran IPA, diperoleh thitung lebih besar dengan ttabel sebesar 7,01 dan ttabel sebesar 2,03.Hal ini menunjukkan bahwa model POE berbantuan lks digunakan dalam pembelajaran fisika bab kalor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran POE berbantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode POE (predict-observe-explain), berpikir kritis, kalor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 02:10
Last Modified: 13 Nov 2015 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item