GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PELATIH ( Studi Deskriptif pada UKM Bolabasket Universitas yang erprestasi di Kota Semarang )


Erwin Nurmilati Hassana, 1511410074 (2015) GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PELATIH ( Studi Deskriptif pada UKM Bolabasket Universitas yang erprestasi di Kota Semarang ). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511410074-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu kunci utama dalam keberhasilan para atlet terletak pada kemampuan seorang pelatih dalam memimpin atletnya karena pelatih mempunyai peluang dan tanggung jawab yang besar untuk mengoptimalkan motivasi atlet untuk berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya kepemimpinan transformasional pelatih pada UKM Bolabasket yang berprestasi di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah atlet yang tergabung dalam UKM Bolabasket Universitas yang berprestasi di Kota Semarang. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 atlet yaitu dari UKM Bolabasket UNNES, UDINUS, PIP, UNIKA dan UNDIP. Data penelitian diambil menggunakan skala Multifactor Leadership Questionaire (MLQ). Skala MLQ terdiri dari 40 aitem. Skala MLQ mempunyai koefisien validitas aitem antara 0,145 sampai dengan 0,695 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,869. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa 80 orang atau 93,02% responden menilai gaya kepemimpinan transformasional pelatih mereka tergolong pada kategori tinggi. Dari keempat aspek gaya kepemimpinan transformasional pelatih yang menunjukkan paling tinggi adalah aspek pengaruh yang diidealkan dengan mean empiris sebesar 52,84, kemudian peringkat kedua adalah aspek motivasi inspirasional dengan mean empiris sebesar 38,21, kemudian peringkat ketiga adalah aspek stimulasi intelektual dengan mean empiris sebesar 38,15 dan diurutan terendah adalah aspek kepedulian secara perorangan dengan mean empiris sebesar 30,36. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat gaya kepemimpinan transformasional pelatih yang dilihat secara umum pada UKM Bolabasket Universitas yang berprestasi di Kota Semarang tergolong dalam kategori tinggi. Bagi para pelatih dapat menggunakan gaya kepemimpinan transformasional sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil/outcomes dari para atletnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Pelatih.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 02:07
Last Modified: 13 Nov 2015 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21906

Actions (login required)

View Item View Item