PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA LOOP CARDS PADA SISWA KELAS VC SD NEGERI PURWOYOSO 03


Arina Fadhilah, 1401411128 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA LOOP CARDS PADA SISWA KELAS VC SD NEGERI PURWOYOSO 03. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411128-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada siswa kelas VC SD Negeri Purwoyoso 03 belum optimal. Berdasarkan refleksi awal dengan tim kolaborasi melalui data evaluasi, observasi dan catatan lapangan bahwa pembelajaran IPA tentang siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup tidak maksimal dalam mencapai Kriteria Kelulusan Minimum (KKM). Hal ini terjadi karena guru menjelaskan materi dalam bentuk uraian panjang sehingga siswa sulit menemukan kata kunci dalam tiap materi. Dari 41 siswa, sebanyak 55% (22) siswa mendapat dibawah KKM (70), sedangkan 45% (19) siswa mendapat nilai diatas KKM (70). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Mind Mapping berbantuan media Loop Cards dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VC SD Negeri Purwoyoso 03. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas VC SD sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 23 dengan presentase skor (63,8%) kategori baik. Pada siklus 2 keterampilan guru meningkat dengan skor 31 dengan presentas skor (86,1%) kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan data hasil observasi yaitu pada siklus 1 skor rata-rata yang diperoleh 28,8 dengan presentase skor (65,4%) kategori baik. Pada siklus 2 skor rata-rata siswa 36 dengan presentas skor (81,8%) kategori sangat baik. Hasil belajar siswa yang diperoleh Pada siklus 1 sebanyak 65,85% siswa mendapat nilai diatas KKM (70). Pada siklus 2 sebanyak 81% siswa mendapat nilai diatas KKM (70). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model Mind Mapping berbantaun media Loop Cards dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VC SD Negeri Purwoyoso 03. Saran yang diusulkan peneliti adalah guru diharapkan dapat memanagement waktu dengan baik, karena pembuatan Mind Mapping akan membutuhkan waktu yang. Dengan management waktu yang baik maka kegiatan lain dalam pembelajaran tidak akan terganggu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Loop Cards, Mind Mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 02:05
Last Modified: 13 Nov 2015 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21901

Actions (login required)

View Item View Item