KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA


Lisa Dwi Astuti , 4201411060 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE NOTE TAKING DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411060-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar fisika siswa kelas X masih rendah. Salah satu penyebabnya yaitu metode pembelajaran yang diterapkan masih konvensional sehingga minat belajar siswa kurang dan akan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan minat belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Guide Note Taking dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu True Experimental bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu X Mia 6 dan X Mia 7 dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji pihak kanan, uji ketuntasan belajar dan uji gain. Hasil dari analisis uji normalitas χ2 hitung<χ2 tabel . Hal itu menunjukkan kelas kontrol dan kelas eksperimen terdistribusi normal. Hasil analisis uji kesamaan dua varians antara kelas kontrol dan kelas eksperimen F hitung<Ftabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen mempunyai varians yang sama/ homogen. Untuk uji pihak kanan dari hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 2,16 dan t tabel= 1,67. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari ttabel. Hal ini berarti hasil belajar kelas ekperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar, kelas kontrol memperoleh ketuntasan belajar klasikal 76% dan kelas eksperimen 83%. Besarnya peningkatan nilai rata-rata melalui uji gain. Hasil dari analisis uji gain kelas kontrol 0,38 (sedang) dan kelas eksperimen 0,60 (sedang). Dari analisis angket minat diperoleh rata-rata minat kelas kontrol 70,1 dan kelas eksperimen 78,8. Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Guide Note Taking lebih baik daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guide Note Taking, Minat, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 02:00
Last Modified: 13 Nov 2015 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21898

Actions (login required)

View Item View Item