PEMBELAJARAN TARI MERAK SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN TARI TRADISI DI SANGGAR NGUDI LARAS DESA KARANGMONCOL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG


Ayu Novitasari, 2501411012 (2015) PEMBELAJARAN TARI MERAK SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN TARI TRADISI DI SANGGAR NGUDI LARAS DESA KARANGMONCOL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501411012-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Cabang seni yang perlu dilestarikan salah satunya adalah tari. Salah satu cara melestarikan yaitu melalui kegiatan pembelajaran sanggar. Sanggar Ngudi Laras merupakan sanggar yang terdapat di Kabupaten Pemalang. Peneliti melihat ada indikasi keterlibatan Sanggar Ngudi Laras terhadap pembelajaran Tari Merak sebagai upaya pelestarian tari tradisi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pembelajaran Tari Merak di Sanggar Sanggar Ngudi Laras sebagai upaya pelestarian tari tradisi (2) Bagaimanakah upaya Sanggar Ngudi Laras terhadap pelestarian tari tradisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) pembelajaran Tari Merak di Sanggar Ngudi Laras sebagai upaya pelestarian tari tradisi, (2) upaya Sanggar Ngudi Laras terhadap pelestarian tari tradisi. Manfaat penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Manfaat Teoritis yaitu memberikan informasi mengenai pembelajaran Tari Merak dan pelestarian tari tradisi di Sanggar Ngudi Laras serta dapat menambah pengetahuan mengenai tari tradisi. Manfaat Praktis yaitu bagi peneliti dapat menambah pengetahuan tari tradisi yang ada di Sanggar Ngudi Laras, bagi guru di Sanggar Ngudi Laras sebagai masukan untuk memperbaiki pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu sanggar, bagi siswa dapat mengetahui bagaimana pembelajaran Tari Merak di Sanggar Ngudi Laras. Lokasi dan sasaran penelitian yang dipilih peneliti adalah Sanggar Ngudi Laras yang berada di Desa Karangmoncol Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang yang merupakan sanggar seni yang melakukan pembelajaran Tari Merak dan pelestarian terhadap tari tradisi di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran Tari Merak di dalamnya terdapat kegiatan pembelajaran yang terbagi menjadi tiga yaitu (1) kegiatan awal pembelajaran Tari Merak, (2) kegiatan inti pembelajaran Tari Merak, dan (3) kegiatan akhir pembelajaran Tari Merak. Sedangkan upaya Sanggar Ngudi Laras dalam melestarikan tari tradisi yaitu dilestarikan dalam bentuk tari tradisi diterapkan sebagai materi ajar, dan menyebarluaskan dalam bentuk pementasan. Saran dari hasil penelitian ini yaitu bagi Sanggar Ngudi Laras lebih meningkatkan kualitas pembelajaran tari tradisi dalam hal ini Tari Merak, dan lebih giat lagi dalam mengikuti kegiatan pentas seni maupun lomba agar dikenal oleh masyarakat luas sebagai upaya pelestarian tari tradisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, pelestarian, tari, sanggar tari.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:55
Last Modified: 13 Nov 2015 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21895

Actions (login required)

View Item View Item