PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL

Kartika Ade Wijaya, 2501411007 (2015) PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BOJA KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1514Kb)

    Abstract

    Pembelajaran seni tari mencakup apresiasi karya seni tari dan mengekspresikan diri melalui karya seni tari. Oleh karena itu perlu adanya wawasan umum yang luas tentang seni tari dan bagaimana mengembangkan materi ajar tari yang menarik dan tidak membosankan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal, yang terletak di Bebengan No.205 Kendal. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio-visual dalam mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA N1 Boja dan apakah manfaat media audio-visual dalam proses pembelajaran seni tari kelas XI di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan medeskripsikan proses pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal dan untuk mengetahui atau mendeskripsikan manfaat media audio-visual dalam pembelajaran seni tari kelas XI di SMA Negeri 1 Boja. Metode pendekatan penelitian dilakukan secara kualitatif. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio-visual dalam mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA Negeri 1 Boja kabupaten Kendal menunjukkan bahwa didalam kegiatan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Boja meliputi kegiatan pendahuluan, penyajian dan kegiatan penutup. Proses pembelajaran di kelas, guru menggunakan media audio-visual seperti LCD, Laptop, TV, Speaker, dan Kaset VCD tari, selain itu guru juga menggunakan metode demonstrasi dan ceramah. Manfaat dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan apresiasi siswa, kreativitas siswa dan hasil belajar menjadi lebih baik, selain itu dengan menggunakan media audio-visual dalam pembelajaran di kelas tidak menimbulkan rasa jenuh terhadap siswa dan dalam penyampaian materi menjadi lebih kreatif, sedangkan hambatan dalam penggunaan media audio-visual dalam proses pembelajaran seni tari di SMAN 1 Boja Kabupaten Kendal adalah permasalahan operasional penggunaan media audio-visual oleh siswa yang tidak berhati-hati sehingga menimbulkan kerusakan dan mengharuskan pihak sekolah menganggarkan pendanaan untuk media yang rusak tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni tari, Media Audio-Visual
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 12 Nov 2015 20:50
    Last Modified: 12 Nov 2015 20:50

    Actions (login required)

    View Item