HAM TERSANGKA DAN TERDAKWA DALAM PROSES PERADILAN PIDANA : Studi Pemahaman HAM Oleh Polisi Dalam Proses Penyidikan Di Polres Kendal


DANIEL PRADITYA , 8111411070 (2015) HAM TERSANGKA DAN TERDAKWA DALAM PROSES PERADILAN PIDANA : Studi Pemahaman HAM Oleh Polisi Dalam Proses Penyidikan Di Polres Kendal. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 8111411070-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam hukum acara pidana, terdapat asas persamaan dihadapan hukum, asas praduga tak bersalah, dan asas pemberian bantuan hukum yang melindungi hak-hak dari tersangka dan terdakwa. Dalam KUHAP juga telah mengatur hak yang diperoleh tersangka dan terdakwa yang dimuat dalam Pasal 50 sampai Pasal 68 serta Pasal 196. Dalam penelitian ini permasalahan yang dirumuskan adalah pemahaman polisi terhadap HAM tersangka dan terdakwa dalam proses penyidikan, perlindungan HAM tersangka dan terdakwa dalam proses penyidikan dan Implementasi UU No.39 Tahun 1999 tentang HAM dalam penerapannya terkait hak tersangka dan terdakwa dalam proses penyidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis yang merupakan suatu pendekatan menggunakan asas dan prinsip hukum dalam meninjau, melihat dan menganalisa masalah yang terjadi. Lokasi penelitian skripsi ini di Kepolisian Resor Kendal. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa penyidik di Polres Kendal dapat menerangkan mengenai hak asasi manusia beserta asas-asas yang mendukung perlindungan hak tersangka maupun terdakwa. Penyidik di Polres Kendal memberikan perlindungan hak-hak tersangka maupun terdakwa dengan cara memberitahukan bahwa tersangka atau terdakwa mendapatkan hak-haknya sesuai dengan KUHAP. Penyidik menerapkan nilai-nilai kemanusiaan ketika menyidik terkait implementasi UU No.39 Tahun 1999 tentang HAM. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman HAM oleh polisi sudah cukup baik karena penyidik mampu menjelaskan asas persamaan dihadapan hukum, asas praduga tak bersalah dan pemberian bantuan hukum. Terkait perlindungan HAM tersangka dan terdakwa penyidik kurang memahami isi dari pasal-pasal mengenai hak tersangka dan terdakwa yang ada di dalam KUHAP. Penyidik kurang mengetahui mengenai hak- hak yang terdapat dalam UU No.39 tentang HAM , mereka menerapkan nilai-nilai kemanusiaan ketika melakukan penyidikan terkait implementasi UU No.39 Tahun 1999. Saran yang diperoleh bahwa seorang penyidik yang baik haruslah mengetahui dan memahami hak-hak yang diperoleh tersangka dan terdakwa yang ada dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, bertindak dengan memperhatikan nilai- nilai yang terdapat dalam UU 39 Tahun 1999, serta bertindak berdasarkan hati nurani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HAM Tersangka dan Terdakwa, Penyidikan
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:52
Last Modified: 13 Nov 2015 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21891

Actions (login required)

View Item View Item