IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN METODE TAQRAR BERBASIS PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SOCIAL SKILL SISWA SMP


Chusnus Shalichah, 4201411058 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN METODE TAQRAR BERBASIS PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SOCIAL SKILL SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411058-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran sains materi kalor dan perpindahannya telah dilakukan pada siswa kelas VII SMP Syubbanul Wathon Magelang. Peningkatan hasil belajar kognitif dan social skill dilakukan melalui metode taqrar berbasis pesantren. Metode taqrar merupakan metode pembelajaran yang diterapkan di pesantren melalui kegiatan musyawarah (diskusi) dan muthorahah (pemecahan masalah) yang didampingi oleh guru atau ustadz. Penggunaan purposive sampling untuk pengambilan sampel berdasarkan peraturan dari sekolah berbasis pesantren dan guru mata pelajaran IPA. Diperoleh sampel kelas VII E6 sebagai kelas sampel I dan kelas VII E8 sebagai kelas sampel II. Pada kelas sampel diterapkan pembelajaran menggunakan metode taqrar. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif dan social skill siswa kelas sampel I dan kelas sampel II sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode taqrar. Dari hasil analisis, diperoleh N-Gain hasil belajar kognitif sebesar 0,485 dengan kategori sedang untuk kelas sampel I dan untuk kelas sampel II diperoleh N-Gain sebesar 0,319 dengan kategori sedang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan social skill siswa pada kelas sampel I sebesar 78,36% dengan kategori baik dan pada kelas sampel II sebesar 78,21%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan metode taqrar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan social skill siswa SMP Syubbanul Wathon pada materi kalor dan perpindahannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sains, Taqrar, Hasil Belajar Kognitif, Social Skill
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:49
Last Modified: 13 Nov 2015 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21890

Actions (login required)

View Item View Item