IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Eko Setyo Aprilian , 4201411052 (2015) IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran fisika yang dilakukan di sekolah masih berpusat pada guru. Pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa yang masih rendah. Pembelajaran fisika melalui kegiatan eksperimen di laboratorium penting untuk dilakukan. Untuk itu perlu dilakukan pembinaan keterampilan proses dengan penerapan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mencari, menemukan dan memahami konsep–konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi discovery learning berbasis eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA. Berdasarkan tujuan tersebut sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 3 SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design dan one-shot case study. Instrumen penelitiannya adalah soal tes dan lembar observasi. Data pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa diperoleh berdasarkan hasil pre-test dan post-test serta lembar observasi yang mengalami peningkatan. Hasil uji hipotesis untuk pemahaman konsep menggunakan one simple t-test diperoleh thitung sebesar 7,58 dan ttabel sebesar 1,671, serta hasil uji Ngain menunjukkan peningkatan sebesar 0,69 sedangkan hasil uji hipotesis untuk ketrampilan proses sains menggunakan one simple t-test diperoleh thitung sebesar 2,52 dan ttabel sebesar 1,671, serta hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,27. Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi discovery learning berbasis eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, eksperimen, pemahaman konsep, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 01:43 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 01:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21885 |
Actions (login required)
View Item |