IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA


Eko Setyo Aprilian , 4201411052 (2015) IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411052-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika yang dilakukan di sekolah masih berpusat pada guru. Pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa yang masih rendah. Pembelajaran fisika melalui kegiatan eksperimen di laboratorium penting untuk dilakukan. Untuk itu perlu dilakukan pembinaan keterampilan proses dengan penerapan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk mencari, menemukan dan memahami konsep–konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi discovery learning berbasis eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA. Berdasarkan tujuan tersebut sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 3 SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design dan one-shot case study. Instrumen penelitiannya adalah soal tes dan lembar observasi. Data pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa diperoleh berdasarkan hasil pre-test dan post-test serta lembar observasi yang mengalami peningkatan. Hasil uji hipotesis untuk pemahaman konsep menggunakan one simple t-test diperoleh thitung sebesar 7,58 dan ttabel sebesar 1,671, serta hasil uji Ngain menunjukkan peningkatan sebesar 0,69 sedangkan hasil uji hipotesis untuk ketrampilan proses sains menggunakan one simple t-test diperoleh thitung sebesar 2,52 dan ttabel sebesar 1,671, serta hasil uji N-gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,27. Berdasarkan hal di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi discovery learning berbasis eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, eksperimen, pemahaman konsep, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:43
Last Modified: 13 Nov 2015 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21885

Actions (login required)

View Item View Item