PENGARUH KARAKTERISTIK USAHA DAN KARAKTERISTIK KREDIT TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN KREDIT BANK OLEH PEDAGANG DI PASAR SEGAMAS KABUPATEN PURBALINGGA

Anisa Erdiana Pradifta , 7311411014 (2015) PENGARUH KARAKTERISTIK USAHA DAN KARAKTERISTIK KREDIT TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN KREDIT BANK OLEH PEDAGANG DI PASAR SEGAMAS KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1602Kb)

    Abstract

    Pemberian bantuan kredit dari bank kepada para pelaku usaha khusunya pedagang kecil tidak selalu dapat dikembalikan dengan lancar. Pendapatan pedagang yang tidak menentu menyebabkan seringkali pedagang kesulitan dalam mengembalikan pinjaman yang diterimanya, sehingga menyebabkan penunggakan dalam pengembalian kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian kredit oleh pedagang dilihat dari karaktersitik usaha yang terdiri atas pengalaman usaha, omzet usaha, laba usaha dan jumlah karyawan dan karakteristik kredit terdiri atas jumlah pinjaman, jangka waktu pelunasan, pengalaman meminjam kredit dan nilai agunan. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di pasar Segamas Kabupaten Purbalingga yakni sejumlah 2.180 dengan sampel sebanyak 96 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kesioner. Analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis Regresi Logistik (Logit Biner) dengan bantuan alat analisis SPSS versi 16. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi Negelkerke R Square sebesar 0,448 menunjukan bahwa karakteristik usaha yang meliputi pengalaman usaha, omzet usaha, laba usaha, jumlah karyawan dan karakterstik kredit yang terdiri atas jumlah pinjaman, jangka waktu pengembalian, pengalaman meminjam kredit, nilai agunan mempengaruhi tingkat pengembalian kredit sebesar 44,8 %, sedangkan sisanya yakni sebesar 56,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Simpulan dalam penelitian ini adalah karakteristik usaha yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian kredit bank oleh pedagang adalah pengalaman usaha dan omzet usaha, sedangkan karakteristik kredit yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengembalian kredit adalah jumlah pinjaman. Saran yang diberikan adalah bagi pihak bank dalam upaya menghindari terjadinya penunggakan kredit maka harus melakukan analisis yang mendalam terhadap calon debitur khususnya debitur pedagang terutama terkait dengan pengalaman usaha dan omzet usaha calon debitur.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Karaktersitik Usaha, Karakteristik Kredit, Tingkat Pengembalian Kredit, Pedagang
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 12 Nov 2015 20:39
    Last Modified: 12 Nov 2015 20:39

    Actions (login required)

    View Item