URGENSI PEMBENTUKAN NASKAH AKADEMIK UNDANG-UNDANG PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2011 TENTANG PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN


Dwiman Akhmad Firdaus , 8111411065 (2015) URGENSI PEMBENTUKAN NASKAH AKADEMIK UNDANG-UNDANG PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 12 TAHUN 2011 TENTANG PEMBENTUKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

[thumbnail of 8111411065-st.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Naskah Akademik adalah naskah hasil penelitian atau pengkajian terhadap masalah tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah pengaturannya dalam Rancangan Undang-Undang. Proses pembentukan Naskah Akademik membutuhkan waktu lama dengan kecermatan yang tinggi. Fokus penelitian dan permasalahan adalah (1) Mengapa urgent pembentukan Naskah Akademik undang-undang perspektif Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 dan (2) Bagaimana mekanisme pembentukan Naskah Akademik undang-undang dalam pembentukan Rancangan Undang-Undang. Tujuan penelitian menemukan urgensi pembentukan Naskah Akademik undang-undang perspektif Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 dan mendeskripsikan mekanisme pembentukan Naskah Akademik undang-undang dalam pembentukan Rancangan Undang-Undang. Konsep dan teori yang digunakan adalah Naskah Akademik, Prolegnas dan Peraturan Perundang-undangan, Hukum Positif Hans Kelsen dalam Stufenbautheory, Asas-Asas Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, Pembentukan Undang-Undang Perspektif Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 dan Aspek Demokrasi Partisipatif dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembentukan Peraturan Perundang-undangan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif hukum dengan jenis penelitian yuridis sosiologis. Lokasi di Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Sumber data penelitian terdiri atas sumber data primer, sekunder dan tersier. Data dan informasi di validasi menggunakan triangulasi. Data dianalisis secara interactive analysis model dari Miles dan Huberman dalam bentuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan Naskah Akademik undang-undang menjadi hal urgent dikarenakan Naskah Akademik digunakan sebagai bahan dasar dan konsep awal pembentukan Rancangan Undang-Undang sehingga harus memuat aspek yuridis, empiris dan sosiologis. Mekanisme pembentukan Naskah Akademik undang-undang dilalui dengan 5 (lima) tahap, yaitu tahap persiapan, pembentukan draft awal, pembahasan diskusi publik, evaluasi dan penyelarasan dan tahap penyempurnaan Naskah Akademik. Simpulannya bahwa pembentukan Naskah Akademik undang-undang harus melalui penelitian atau pengkajian secara cermat dan mendalam dengan melibatkan partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan secara lisan dan tertulis. Saran yang dianjurkan bagi Pemerintah maupun Dewan Perwakilan Rakyat agar lebih mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya Naskah Akademik dalam proses pembentukan peraturan perundang-undangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Naskah Akademik, Urgent, Mekanisme
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:37
Last Modified: 13 Nov 2015 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item