PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 5 BATANG : ANALISIS PROSES DAN HASIL BELAJAR


Puguh Ario Sembodo, 2501410143 (2015) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 5 BATANG : ANALISIS PROSES DAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501410143-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Untuk dapat mengoptimalkan pelajaran seni musik sebagai sarana pembentukan pribadi, guru musik di SMP N 5 Batang menggunakan media pembelajaran audio visual yang ditujukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran seni musik, pemanfaatan media audio visual terhadap proses belajar seni musik serta pemanfaatan media audio visual terhadap hasil belajar seni musik di SMP N 5 Batang. Berdasarkan pokok permasalahan yang dikaji, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi model atau desain concurrent embedded (campuran tidak berimbang) adalah metode penelitian yang menggabungkan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan cara mencampur kedua metode tersebut secara tidak seimbang. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan penelitian yaitu pendekatan paedagogis, musikologi dan komunikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan non tes yang berisikan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi serta teknik analisa data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan media audio visual pada proses pembelajaran di SMP N 5 Batang digunakan untuk mempermudah berjalannya proses pembelajaran dengan tahapan sebagai berikut ; Tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Pemanfaatan media audio visual terhadap proses pembelajaran di SMP N 5 Batang adalah dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dan meningkatkan tingkat pemahaman materi pada siswa. (3) Pemanfaatan media audio visual berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan secara klasikal. Kelompok 1 (kelompok eksperimen), berdasarkan dari hasil perhitungan uji ketuntasan klasikal diperoleh = 1,95 dan = 1,64, sehingga . Hal itu berarti kelompok eksperimen sudah mencapai KKM klasikal. Sebaliknya peserta didik pada kelompok 2 (kelompok kontrol), berdasarkan dari hasil perhitungan uji ketuntasan klasikal diperoleh = 0,33 dan = 1,64, sehingga . Hal itu berarti kelompok kontrol belum mencapai KKM klasikal. Saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru menggunakan media audio visual dalam mengajar karena sudah dibuktikan bahwa media audio visual dapat meberikan dampak yang positif pada proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL, PEMBELAJARAN SENI MUSIK
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:35
Last Modified: 13 Nov 2015 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item View Item