PENGARUH MINAT, KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN 2007/ 2008


Mulyono, 3301403143 (2009) PENGARUH MINAT, KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN 2007/ 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MINAT, KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN 2007/ 2008]
Preview
PDF (PENGARUH MINAT, KEBIASAAN MEMBACA BUKU PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN 2007/ 2008) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Membaca merupakan suatu kegiatan belajar siswa yang paling banyak memakan waktu dan memerlukan pemikiran seperlunya. Menurut pendapat William Baker, sekitar 85% dari semua kegiatan belajar di sekolah terdiri atas membaca. Jadi membaca kiranya merupakan sarana utama bagi siswa untuk mencapai keberhasilan belajar. Berdasarkan hasil observasi di lapangan diperoleh data bahwa rata-rata kunjungan siswa kelas X ke perpustakaan antara bulan Juli tahun 2007 sampai bulan Januari tahun 2008 sebanyak 633 siswa, sehingga dapat diketahui bahwa rata-rata kunjungan siswa kelas X ke perpustakaan sebanyak 21 siswa per hari atau 5,13% dari total kelas X sebanyak 409 siswa. Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan sumber belajar, khususnya buku perpustakaan masih kurang. Selain dari jumlah kunjungan siswa, kurangnya pemanfaatan perpustakaan sekolah juga dapat terlihat dari kondisi buku koleksi yang sebagian besar berdebu, menandakan bahwa buku-buku tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dibaca sama sekali. Dengan kondisi buku koleksi yang berdebu dan hampir sebagian besar merupakan cetakan lama menjadikan siswa kurang berminat untuk membaca buku perpustakaan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Semarang tahun 2007/ 2008. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh bukti empiris mengenai seberapa besar pengaruh minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga secara simultan dan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 2 Semarang tahun 2007/ 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 2 Semarang program keahlian akutansi, penjualan, administrasi perkantoran, kewirausahaan, usaha jasa pariwisata dan rekayasa perangkat lunak yang terdiri dari 10 kelas, sebanyak 409 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 2 Semarang program keahlian akutansi, penjualan, administrasi perkantoran, kewirausahaan, usaha jasa pariwisata dan rekayasa perangkat lunak sebanyak 204 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan kuesioner. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif antara minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap ix prestasi belajar siswa secara parsial. Serta hasil pengujian secara simultan juga diketahui bahwa ada pengaruh positif antara minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji koefisien determinasi diketahui besarnya pengaruh antara minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 78,3%. Sedangkan sisanya sebesar 21,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif antara minat, kebiasaan membaca buku perpustakaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Pengaruh secara simultan sebesar 78,3% dan secara parsial besarnya pengaruh X1= 48,7%, X2= 48,5% dan X3= 71,5%. Besarnya pengaruh minat, kebiasaan membaca buku perpustakaaan dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi keluarga dan pihak sekolah terkait dengan upaya mengembangkan minat baca supaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan sebagai masukan untuk lebih melengkapi sumber-sumber belajar, khususnya buku yang dapat menunjang kelancaran proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Kebiasaan Membaca Buku Perpustakaan,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 May 2011 02:08
Last Modified: 25 Apr 2015 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item