PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK DI KELAS V SDN PATEMON 01 KOTA SEMARANG


MULYA CITRA DEVI , 1401411125 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK DI KELAS V SDN PATEMON 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411125-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS bertujuan agar siswa memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, serta memiliki kesadaran terhadap nilai-nilai sosial. Hasil refleksi menunjukan guru dalam pembelajaran IPS belum menggunakan model dan media yang variatif serta kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga berdampak pada aktivitas siswa dan hasil belajar yang belum optimal. Hasil belajar pra siklus menunjukkan bahwa 22 siswa dari 36 siswa (61,2%) memiliki nilai di bawah KKM. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model think talk write berbantuan media komik di kelas V SDN Patemon 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model think talk write berbantuan media komik di kelas V SDN Patemon 01 Kota Semarang. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang terdiri tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan 36 siswa kelas V SDN Patemon 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 23 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 28 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 37 dengan kategori sangat cukup. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,1 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 21,4 dengan kategori baik, siklus III memperoleh skor 27,2 dengan kategori sangat baik. Katuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 52,7% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 69,4% dengan kategori baik, siklus III sebesar 86,1% dengan kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model think talk write berbantuan media komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru hendaknya pembelajaran melalui model think talk write berbantuan media komik dapat digunakan untuk pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ips,kualitas pembelajaran, media komik, think talk write
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:45
Last Modified: 13 Nov 2015 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21876

Actions (login required)

View Item View Item