PERAN ANSAMBEL ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 1 KALIORI KABUPATEN REMBANG


Isa Pramana, 2501410129 (2015) PERAN ANSAMBEL ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP NEGERI 1 KALIORI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501410129-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena di lapangan bahwa umumnya saat ini siswa di lingkungan SMP kurang tertarik dengan kesenian tradisional, dalam hal ini adalah pelajaran mengenai alat musik angklung. Selain itu kreativitas para siswa kurang optimal dikembangkan. Permasalahan dalam penelitian ini, sebarapa besar peran ansambel angklung dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP N 1 Kaliori. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah peran ansambel angklung dapat mengembangkan kreativitas siswa di SMP N 1 Kaliori dan Untuk mengetahui seberapa besar peran ansambel angklung dalam mengembangkan kreativitas siswa di SMP N 1 Kaliori. Manfaat teoritis penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya dan manfaat praktisnya dapat digunakan sebagai bahan informasi tentang peran ansambel angklung dalam mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan, menekankan kepada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide kedalam praktek atau situasi nyata dalam skala makro. Proses penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. masing-masing siklus terdapat 4 prosedur penilitian, yaitu; perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ansambel angklung dapat mengembangkan kreativitas siswa di SMP N 1 Kaliori Kab. Rembang. Hasil penghitungan angket minat dan kreativitas siswa meningkat dari pre test ke siklus 1 dan siklus 2. Presentase pre tes peran ansambel angklung berada pada 64,01% dengan klasifikasi rendah dan pada kreativitas siswa berada pada presentase 64,75% dengan klasifikasi rendah. Selanjutnya pada siklus 1 ada peningkatan peran ansambel angklung berada pada klasifikasi tinggi dengan presentase 71,02% dan kreativitas siswa dengan klasifikasi tinggi dengan presentase 73.44%. Dan yang terakhir pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali pada peran ansambel angklung dengan presentase 80,13% dan pada kreativitas siswa dengan presentase 83,71% yang kedua-duanya berada pada klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dalam mengembangkan kreativitas siswa dapat dilakukan dengan bermain ansambel angklung dan membuat aransamen lagu yang dibuat bersama-sama dengan teman-temannya, sehingga siswa diharapkan mampu lebih kreatif dan terpacu untuk ikut berpartisipasi dalam bermain ansambel angklung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Ansambel Angklung, Mengembangkan Kreativitas Siswa
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:30
Last Modified: 13 Nov 2015 01:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21875

Actions (login required)

View Item View Item