KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA


Hermojo Ditamulya, 1511410005 (2015) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511410005-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Usia sekolah menengah pertama merupakan tahap awal masa remaja. Pada usia ini diharapkan remaja dapat membangun hubungan interpersonal dengan ruang lingkup yang lebih luas. Tapi kenyataan yang ada, masih banyak remaja yang kurang dalam membangun hubungan interpersonal yang baik. Temuan dilapangan menunjukkan masih kurangnya kualitas hubungan interpersonal siswa di SMP N 2 Selomerto khususnya pada kelas VII. Oleh sebab itu peningkatan kualitas hubungan interpersonal perlu dilakuakan. Kualitas hubungan interpersonal dikatakan tinggi apabila dapat menumbuhkan suasana pembelajaran yang aktif, siswa dapat berinteraksi dengan sesamanya dan kepada guru. Kualitas hubungan interpersonal berkaitan dengan cara guru memberikan pembelajaran serta metode yang digunakan pada saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 96 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Perlakuan dengan metode cooperative learning teknik Jigsaw dilakukan sebanyak 6 kali. Data penelitian diambil menggunakan skala kualitas hubungan interpersonal. Metode analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired samples test) menunjukkan adanya perbedaan kualitas hubungan interpersonal siswa sebelum diberikan perlakuan dengan metode cooperative learning teknik Jigsaw dann yang sudah diberikan perlakuan, hal ini ditandai dengan diperolehnya nilai p 0,006 (< 0,05), dengan perbedaan mean antara pretest dan posttest sebesar 4,208. Skor yang diperoleh diatas membuktikan bahwa metode cooperative learning teknik Jigsaw dapat meningkatkan kualitas hubungan interpersonal siswa kelas VII SMP N 2 Selomerto, Wonosobo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, teknik Jigsaw , Kualitas Hubungan Interpersonal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:26
Last Modified: 13 Nov 2015 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21874

Actions (login required)

View Item View Item