PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERVISI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERINTEGRASI KARAKTER


Riky Ardiyanto , 4201411028 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERVISI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERINTEGRASI KARAKTER. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411028-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bagian dari Sains yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Pembelajaran fisika kebanyakan masih menggunakan metode konvensional, padahal mata pelajaran fisika erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu penyebabnya adalah pendidik masih menggunakan bahan ajar konvensional tanpa adanya inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran. Rendah tingginya mutu pembelajaran erat kaitannya dengan peran pendidik, sarana prasarana atau media, serta peserta didik. Peserta didik perlu ditanamkan pendidikan karakter agar tidak terjadi kenakalan remaja yang dapat mengakibatkan rendahnya prestasi belajar. Untuk mendukung tercapainya pembelajaran yang efektif dan menarik maka dibutuhkan suatu media pembelajaran, salah satu yang ditawarkan adalah bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk bahan ajar fisika bervisi SETS (Science, Environment, Technology, and Society) terintegrasi karakter, mengetahui tingkat kelayakan dan keterbacaannya, serta mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan perkembangan karakter siswa setelah menggunakan bahan ajar. Karakter yang dikembangkan adalah disiplin, rasa ingin tahu, komunikatif, dan tanggungjawab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Pre-test and Post-test One Grup Design. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA 2 SMA Negeri 3 Kota Tegal. Prosedur penelitian meliputi: (1) pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, dan (4) tahap uji coba lapangan awal. Bahan ajar diuji kelayakan dengan menggunakan angket kelayakan serta uji keterbacaan menggunakan tes rumpang. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Data perkembangan karakter siswa diperoleh melalui angket karakter dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji kelayakan bahan ajar menunjukkan kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahan ajar mudah dipahami. Bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa serta dapat meningkatkan perkembangan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar, SETS, karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:24
Last Modified: 13 Nov 2015 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item View Item