PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK PEMODELAN MELALUI MEDIA VCD PADA SISWA KELAS VIIG SMP N 6 PEKALONGAN TAHUN 2007/2008

Chalimah , 2101907017 (2008) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK PEMODELAN MELALUI MEDIA VCD PADA SISWA KELAS VIIG SMP N 6 PEKALONGAN TAHUN 2007/2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEKNIK PEMODELAN MELALUI MEDIA VCD PADA SISWA KELAS VIIG SMP N 6 PEKALONGAN TAHUN 2007/2008) - Published Version
Download (500Kb)

    Abstract

    Pada umumnya dalam situasi tertentu siswa SMP masih mengalami kesulitan untuk menyampaikan gagasan, cerita dan sebagainya menggunakan ragam bahasa dan lisan dengan baik. Hal itu dialami oleh sebagian besar siswa SMP N 6 Pekalongan. Rasa percaya diri, gugup ataupun grogi senantiasa menguasai diri siswa setiap pembelajaran berlangsung. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alterntif-alternatif pemecahannya. Dengan demikian, pembelajaran keterampilan bercerita yang dapat dijadikan alternatif pemecahannya adalah dengan menerapkan keterampilan bercerita dengan pendekatan kontekstual teknik pemodelan media VCD. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) seberapa besar peningkatan keterampilan bercerita siswa setelah mengikuti pembelajaran bercerita dengan pendekatan kontekstual teknik pemodelan, dan 2) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan bercerita dengan pendekatan kontekstual teknik pemodelan. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui peningkatan keterampilan bercerita dengan pendekatan kontekstual teknik pemodelan, dan 2) mengetahui perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan bercerita dengan pendekatan kontekstual teknik pemodelan. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes perbuatan yang berisi aspek-aspek kriteria penilaian keterampilan bercerita melalui media VCD. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual teknik pemodelan, keterampilan berbicara siswa pratindakan sebesar 63,7 %. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 68,29 %, sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 73,5 %. Perilaku yang ditunjukkan siswa pun berubah setelah diberi tindakan. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, tidak gugup atau grogi dan semakin percaya diri ketika bercerita di depan kelas. Saran yang dapat direkomadasikan adalah 1) para guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya lebih kreatif dalam menentukan pendekatan dalam iii pembelajaran keterampilan bercerita siswa agar tidak jenuh dengan pembelajaran yang dihadapi. 2) para guru Bahasa dan Sastra Indonesia dapat menggunakan pendekatan kontekstual teknik pemodelan untuk membelajarkan keterampilan bercerita. 3) para guru bidang studi lain dapat mengadaptasi teknik pembelajaran ini dalam membelajarkan mata pelajaran kepada siswa dan 4) para praktisi bidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif teknik pembelajaran ketermpilan bercerita siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, pendekatan kontekstual, pemodelan, VCD.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 05 May 2011 21:55
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:43

    Actions (login required)

    View Item