IMPLEMENTASIPEMBELAJARAN BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS


Putri Lestari , 4201411026 (2015) IMPLEMENTASIPEMBELAJARAN BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4201411026-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kemampuan spesifik yang lebih menonjol dibanding kemampuan lainnya.Kemampuan spesifik yang dimiliki oleh setiap peserta didik, berbeda antara yang satu dengan lainnya.Penyampaian materi fisika di dalam kelas, perlu mempertimbangkan kemampuan spesifik siswa.Pembelajaran berbasis multirepresentasi dapat dijadikan pilihan dalam penyampaian materi.Pengkajian fenomena fisika dengan berbagai representasi membuat siswa memahami konsep secara utuh dengan banyak bahasa. Proses menemukan berbagai representasi lewat peristiwa fisika juga membuat mental berpikir siswa berkembang, khususnya pada berpikir kritis.Penelitian tentang pendekatan multirepresentasi ini digunakan untuk menyelidiki peningkatan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa.Metode yang digunakan adalah True Experimental Designdengan desain Pre-test Post-test Control Group Design.Materi gerak menjadi bahan kajian dengan pendekatan multirepresentasi pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol dibelajarkan secara ceramah.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep di kelas eksperimen dengan n-gainsebesar 0,46yang termasuk dalam kategori sedang. Peningkatan pemahaman konsep pada kelas kontrol hanya mencapai nilai n-gain sebesar 0,28yang terkategori rendah. Uji t untuk pemahaman konsep menghasilkan t sebesar 8,91 yang lebih besar dari t tabel. Kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen mengalami peningkatan n-gainyakni 0,47. Pada kelas kontrol nilai n-gain hanya mencapai 0,27. Pengujian t untuk kemampuan berpikir kritis memperoleh t senilai 3,7 yang lebih besar dari t tabel.Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa multirepresentasi dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multirepresentasi, pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 01:07
Last Modified: 13 Nov 2015 01:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21867

Actions (login required)

View Item View Item