PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI TKLB DAN SDLB B SWADAYA SEMARANG


Fadila Fatmawati, 2501410106 (2015) PROSES PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI TKLB DAN SDLB B SWADAYA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501410106-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan diluar jam pelajaran sekolah yang dilakukan di sekolah dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ekstrakurikuler tari dan hasil pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk siswa tunarungu di SLB B Swadaya Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ekstrakurikuler tari dan hasil pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk siswa tunarungu di SLB B Swadaya Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimaksudkan untuk mendeskripsikan serta menguraikan tentang yang menggambarkan suasana dalam kelas. Hasil penelitian yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan data berupa proses pembelajarannya, hasil dari pembelajaran ekstrakurikuler tari. Pembelajaran ekstrakurikuler di SLB B Swadaya Semarang ini berada pada jam intrakurikuler yang semestinya kegiatan ekstrakurikuler dilakukan di luar jam intrakurikuler. Proses pembelajaran di SLB B Swadaya Semarang menggunakan bahasa isyarat umum. Pemberian materi untuk TKLB dan SDLB diberikan materi tari kreasi yang sudah dipermudah. Proses pembelajarnnya dilakukan seminggu sekali pada hari selasa. Proses pembelajaran tari dilakukan diruang kelas masimg-masing karena keterbatasan sarana yang ada di SLB B Swadaya Semarang. Terhambatnya indra pendengaran siswa menjadikan guru tari lebih ekstra saat proses pembelajaran berlangsung. Keberhasilan penyampaian materi tari bergantung pada ketepatan hitungan. Ketepatan hitungan ini merupakan kunci keberhasilan dalam pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk siswa tunarungu. Hasil pembelajaran tari ini siswa dapat menarikan sebuah tarian dengan rasa percaya diri. Saran untuk Guru pengampu ekstrakurikuler tari sebaiknya mengoptimalkan afektif dan psikomotorik agar visi sekolah dalam membekali ilmu salah satunya adalah ilmu tentang komunikasi bagi siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Tari, Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari, Hasil Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:59
Last Modified: 13 Nov 2015 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21865

Actions (login required)

View Item View Item