PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA AIR BUMI DAN MATAHARI MUATAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TPS DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA SDN PETOMPON 01
RAHMAYANTI, 1401511032 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA AIR BUMI DAN MATAHARI MUATAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TPS DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA SDN PETOMPON 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil obeservasi dan wawancara di kelas IIB SDN Petompon 01 Semarang, ditemukan berbagai permasalahan dalam pembelajaran. Kurikulum 2013 dapat dikatakan kurikulum baru dalam penerapannya sehingga masih mengalami beberapa permasalahan. Dalam pembelajaran belum mengajak siswa untuk mengamati; menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi; dan mengkomunikasikan. Guru lebih banyak ceramah, kurang menggunakan model dan media yang inovatif sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dan fokus. Hal ini menyebabkan hasil data didapatkan menunjukkan bahwa nilai muatan matematika merupakan nilai yang paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Maka peneliti menetapkan alternatif pemecahan masalah berbasis pendekatan saintifik dengan model pembelajaran TPS dan media visual pada pembelajaran tema Air Bumi dan Matahari. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Satu siklus dilaksanakan satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan reflekasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIB SDN Petompon 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, kompetensi pengetahuan siswa, kompetensi keterampilan siswa, dan kompetensi sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 29 kategori baik, siklus II memperoleh skor 31 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 34 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 24 kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor 28 kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 33 kategori baik. (3) Persentase ketuntasan kompetensi pengetahuan secara klasikal pada siklus I sebesar 61%, meningkat pada siklus II menjadi 71%, dan semakin meningkat pada siklus III menjadi 84%, (4) Kompetensi keterampilan pada siklus I memperoleh skor 8,1 kategori cukup terampil, pada siklus II memperoleh skor 10,8 kategori terampil dan pada siklus III memperoleh skor 14 kategori sangat terampil. (5) Kompetensi sikap spiritual pada siklus I memperoleh skor 9,3 kategori cukup terbiasa, pada siklus II memperoleh skor 10,5 kategori terbiasa dan pada siklus III memperoleh skor 13,3 kategori sangat terbiasa, kompetensi sikap sosial pada siklus I memperoleh skor 8,9 kategori cukup terbiasa, pada siklus II memperoleh skor 10,4 kategori terbiasa dan pada siklus III memperoleh skor 13,1 kategori sangat terbiasa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan saintifik dengan model TPS dan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Air Bumi dan Matahari yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, model think pair share, media visual |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:56 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21864 |
Actions (login required)
View Item |