EKSTRAKURIKULER BAND DI SMA NEGERI 2 BREBES : ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN APRESIASI, EKSPRESI DAN KREATIVITAS SISWA


Hessal Hekmatyar, 2501410100 (2015) EKSTRAKURIKULER BAND DI SMA NEGERI 2 BREBES : ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN APRESIASI, EKSPRESI DAN KREATIVITAS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2501410100-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran musik di sekolah diarahkan pada pembelajaran musik kreatif. Salah satu contohnya adalah ekstrakurikuler band di SMA Negeri 2 Brebes yang menerapkan sistem belajar sambil melakukan (learning by doing). Ketertarikan penulis untuk meneliti dikarenakan jarang sekali adanya kegiatan ekstrakurikuler band di sekolah menengah atas di Kabupaten Brebes yang menganalisis pengembangan apresiasi, ekspresi dan kreativitas siswa. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Band dan (2) Pengembangan apresiasi, ekspresi dan kreativitas siswa di SMA Negeri 2 Brebes. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran dan sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan, untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan sebagai bahan referensi. Berdasarkan pokok permasalahan yang dikaji, metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga pendekatan penelitian yaitu pendekatan pedagogik, musikologi dan psikologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisa dengan tahapan: data direduksi, kemudian menggunakan triangulasi data serta selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran ekstrakurikuler band di SMA Negeri 2 Brebes terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan meliputi metode ceramah, metode demonstrasi dan metode latihan serta tahap evaluasi. (2) Dalam pengembangan apresiasi, ekspresi dan kreativitas siswa, penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu pada apresiasi materi pembelajarannya meliputi mengamati, menghayati serta mengevaluasi. Pada tahap ekspresi materi pembelajarannya meliputi mengidentifikasi tempo dan dinamika. Pada tahap kreativitas materi pembelajarannya meliputi mengaransemen sebuah karya musik. Saran yang dapat disampaikan adalah agar sekolah menambah waktu belajar ekstrakurikuler band menjadi dua kali pertemuan dalam seminggu, pihak sekolah memenuhi sarana seperti senar gitar dan kabel. Hal ini menjadi penghambat berjalannya proses pembelajaran, maka diperlukan perhatian khusus agar kendala- kendala yang muncul tidak menjadi masalah yang berlarut-larut dan tidak mengganggu proses kegiatan ekstrakurikuler band di SMA Negeri 2 Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: EKSTRAKURIKULER BAND, PENGEMBANGAN APRESIASI, EKSPRESI DAN KREATIVITAS
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:55
Last Modified: 13 Nov 2015 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21862

Actions (login required)

View Item View Item