PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS I SDN KEMBANGARUM 01


SATRIANA ISABELLA KAPITARAUW, 1401511030 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS I SDN KEMBANGARUM 01. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401511030-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masih ada beberapa kendala yang dihadapi sesuai dengan lima masalah yang ingin diteliti oleh peneliti yaitu keterampilan guru; aktivitas siswa; keterampilan membaca permulaan; kompetensi sikap spiritual; kompetensi sikap sosial siswa dalam implementasi kurikulum 2013 SD yaitu, dalam menerapkan model TPS dan media audiovisual sehingga dalam proses pembelajaran, kegiatan dalam mengajak siswa untuk mengamati; menanya; mengumpulkan informasi; mengasosiasi; dan mengkomunikasikan belum optimal, belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Kembangarum 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, kompetensi pengetahuan siswa, kompetensi keterampilan siswa, dan kompetensi sikap siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Diketahui hasil penelitian: (1) Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor 26 (terampil), siklus (2) mendapat skor 30 (sangat terampil); (2) Aktivitas siswa siklus I mendapat skor 18,8 (aktif), siklus II 22,8 (sangat aktif); (3) kompetensi spiritual siswa pada siklus I mendapat 5,4, siklus II 6,8 dan kompetensi sosial siswa pada siklus I 10,2 dan siklus II 14,1; (4) keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus I 10,3 dan siklus II 2,47; (5) Hasil belajar siswa siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 72,62, siklus II mengalami peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 81,08. Kesimpulan penelitian ini menunjukka model TPS dengan media audiovisual, dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca permulaan yang di tandai dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, keterampilan siswa dan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca permulaan yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, kompetensi pengetahuan; keterampilan; dan sikap siswa. Saran bagi guru adalah hendaknya dalam mengajar menggunakan pendekatan dan media yang bervariasi dan sesuai materi antara lain dengan menerapkan model dengan media audiovisual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TPS, Audiovisual, Membaca Permulaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 13 Nov 2015 00:53
Last Modified: 13 Nov 2015 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item