PEMBELAJARAN TARI KUPU-KUPU PADA SISWA KELAS I SDN 1 KARANGSARI KECAMATAN PUNGGELAN
Rina Pujiastuti, 2501410097 (2015) PEMBELAJARAN TARI KUPU-KUPU PADA SISWA KELAS I SDN 1 KARANGSARI KECAMATAN PUNGGELAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (928kB) | Preview |
Abstract
SD Negeri 1 Karangsari merupakan sekolah yang memiliki materi Tari Kupu-kupu yang diajarkan menggunakan metode demonstrasi dan imitatif. Tari Kupu-kupu adalah tari kreasi baru yang menggambarkan ketentraman dan kedamaian hidup sekelompok kupu-kupu yang dengan riangnya berpidah- pindah dari satu bunga ke bunga yang lain. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pembelajaran tari kupu-kupu pada siswa kelas I di SD Negeri 1 Karangsari, 2) Bagaimana hasil dari proses pembelajaran tari kupu- kupu pada siswa kelas I di SD Negeri 1 Karangsari. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menjelaskan dan mendiskripsikan proses pembelajaran tari kupu-kupu pada siswa kelas I SD N 1 Karangsari, 2) Menjelaskan dan mendiskripsikan hasil dari proses pembelajaran tari kupu-kupu pada siswa kelas I di SD Negeri 1 Karangsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah Pembelajaran Tari Kupu-kupu pada siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Punggelan terdiri dari beberapa komponen yaitu guru, siswa, bahan ajar, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, alat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, sumber belajar, evaluasi. Materi seni tari yang diberikan kepada siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari adalah Tari Kupu-kupu dan diajarkan dengan metode demonstrasi dan imitatif. Pembelajaran dilakukan melalui tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pra pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.Hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran Tari Kupu-kupu pada siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Punggelan dikatagorikan menjadi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif dilihat dari kemampuan siswa dalam mengingat, menghafal, dan memahami tarian. Aspek afektif meliputi tingkat mengenal gerak tari, merespon, menghargai. Aspek psikomotorik dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menirukan gerak, ketepatan dalam gerak, merangkaikan gerak dan melakukan gerak secara wajar. Saran bagi siswa kelas I SD Negeri 1 Karangsari agar lebih giat dan disiplin dalam belajar khususnya belajar menari agar ilmu yang diperoleh bermanfaat di masa sekarang dan mendatang, bagi guru SD Negeri 1 Karangsari Kecamatan Punggelan, materi dan metode pembelajaran tari untuk anak SD sebaiknya terus dikembangkan dan diadakan inovasi-inovasi baru seperti materi dan meteode terus diperbarui supaya pembelajaran tari lebih menarik dan hasil pembelajarannya lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari) |
Depositing User: | sumarsono mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 13 Nov 2015 00:52 |
Last Modified: | 13 Nov 2015 00:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21858 |
Actions (login required)
View Item |